Sepakbola

Menakar Peluang Sulut United sebagai Tuan Rumah Liga 2 2020

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 15 August 2020 11:39   147 kali
 
 
 
 
MANADO (BK) : PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan kompetisi Liga 2 2020 akan dilanjutkan pada 17 Oktober-5 Desember 2020. Tapi pelaksanaannya menggunakan format home tournament dengan skema empat grup.
 
 
Setiap grup akan diisi enam klub yang terdiri dari dua grup wilayah barat dan dua grup lagi di wilayah timur. Meski begitu, PT LIB belum menentukan venue setiap grup.
 
 
Grup 1 terdiri dari Semen Padang, PSPS Pekanbaru, AS Abadi 3 Naga, PSMS Medan, Sriwijaya FC dan Babel United dengan venue di Sumatera.
 
 
Kemudian grup 2 diisi oleh Badak Lampung, Perserang Serang, Cilegon United, PSKC Cimahi, Persekat Tegal dan PSIM Yogyakarta dengan Venue Jawa Barat/Banten/DIY.
 
 
Selanjutnya grup 3 berisikan PSHW, Persis Solo, PSCS Cilacap, Putra Sunan Giri, Persijap Jepara dan Kalteng Putra dengan venue berlokasi di Jawa Timur/Jawa Tengah.
 
 
Sedangkan grup 4 terdiri dari Persiba Balikpapan, Mitra Kukar, Martapura FC, Sulut United, Persewar Waropen dan PSBS Biak. Venue yang dipilih adalah Kalimantan/Sulawesi.
 
 
Dipilihnya Kalimantan dan Sulawesi oleh PT LIB sebagai salah satu venue, membuat Manajemen Sulut United secara resmi mencalonkan diri sebagai tuan rumah lanjutan Kompetisi Liga 2 2020. Kepastian ini disampaikan pada tanggal 12 Agustus 2020, setelah mengisi form bidding Host Liga 2 dan mengembalikan form tersebut ke PT LIB.
 
 
Tapi, seberapa besarkah peluang Stadion Klabat Manado sebagai markas Sulut United untuk menggelar lanjutan Liga 2 2020 grup 4?
 
 
 
 
 
Manajer Sulut United, Muhammad Ridho mengatakan telah memenuhi semua persyaratan untuk menjadi tuan rumah. Antara lain, lampu stadion sesuai standar dari PT LIB, tersedianya lapangan latihan yang representatif, menyediakan transportasi bagi klub peserta, Matchcom dan perangkat wasit.
 
 
“Manajemen juga akan memberikan informasi hotel dan maskapai apa saja yang ada jadwal penerbangan ke Manado. Dan yang terpenting mampu menjalankan protokol kesehatan yang baik di masa pandemi Covid-19 ini,” ujarnya saat dihubungi via WhatsApp, Sabtu (15/8/2020).
 
 
Ia mengatakan, setiap klub punya peluang yang sama untuk menjadi tuan rumah. Tapi yang menentukannya adalah PT LIB. “Bisa saja, penilaian PT LIB melihat dari sisi akses penerbangan dari kota A ke kota tuan rumah dan banyak opsi untuk hotel. Bisa jadi catatan,” tandasnya.
 
 
Semakin besar peluang Manado untuk menjadi tuan rumah dikarenakan Persiba Balikpapan dengan stadion megahnya Batakan, memastikan batal mengajukan diri sebagai tuan rumah. Alasannya lantaran manajemen tidak ingin ambil risiko soal Covid-19, dimana grafis penyebarannya di Kota Minyak belum turun dan kian meningkat.
 
 
“Manajemen tidak ingin mengambil risiko membahayakan dengan menerima tamu dari luar kota,” kata Sekretaris Tim Persiba Balikpapan, Rahmad Sumanjaya, Rabu (12/8/2020) seperti dikutip dari Balpos.com.
 
 
Meski memiliki peluang cukup besar untuk menjadi tuan rumah, Mitra Kukar ternyata tidak mengajukan diri menjadi tuan rumah. Media Officer Mitra Kukar, Agri Winata menjelaskan, sesuai perhitungan klub, pengeluaran yang akan dikeluarkan sebagai tuan rumah lebih besar dibandingkan dengan tim tamu.
 
 
“Terlebih, sesuai peraturan yang didasari pada protokol kesehatan, semua laga dilangsungkan tanpa penonton. Artinya tim tuan rumah juga tidak akan mendapatkan pemasukan dari penjualan tiket penonton. Kalau dihitung-hitung terlalu besar pengeluaran sebagai tuan rumah dibandingkan sebagai tim tamu,” tuturnya.
 
 
Kontestan 8 besar Liga 2 tahun lalu, Martapura FC pun demikian. Hingga saat ini, belum terdengar adanya pengajuan untuk menjadi tuan rumah dari tim Laskar Sultan Adam itu. Sementara dua tim asal Papua, PSBS Biak dan Persewar Waropen kecil kemungkinan untuk menjadi tuan rumah.
 
 
Liga 2 sempat memainkan pekan pertamanya dengan dibuka laga Persiba Balikpapan melawan Kalteng Putra, pada 14 Maret lalu. Saat itu peserta kompetisi hanya dibagi ke dua grup yakno Grup Barat dan Grup Timur.
 
 
(acha/bk-8)
 
Komentar ()
Berita Sepakbola
Sepakbola
24 Feb 2020 / dibaca 294 kali
MANADO (BK) : Sulut United bakal kehilangan tiga pemain saat mengawali musim kompetisi Liga 2 2020, 13 Maret mendatang.  ...
Sepakbola
24 Feb 2020 / dibaca 274 kali
MANADO (BK) : Kick off Liga 2 2020 tinggal menyisakan dua pekan lagi. Meski begitu, Sulut United masih akan melakoni dua partai uji coba....
Sepakbola
24 Feb 2020 / dibaca 428 kali
MANADO (BK) : Sulut United sepertinya menjadi klub yang paling siap menghadapi Liga 2 2020. Di saat klub lain masih membongkar pasang pemain...
Sepakbola
18 Feb 2020 / dibaca 268 kali
MANADO (BK) : Sulut United bermain imbang 2-2 melawan kontestan Liga 1 Borneo FC pada laga uji coba di Stadion Segiri, Samarinda, Selasa...
Sepakbola
17 Feb 2020 / dibaca 409 kali
MANADO (BK) : 3 pemain dipastikan tidak akan merumput saat laga uji coba Sulut United melawan tim Liga 1, Borneo FC, Selasa (18/2/2020) esok...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.