Sitaro

Aduh, Kepala PLN Siau Terekam Diduga Intimidasi Wartawan

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 01 August 2018 03:06   68 kali
SITARO (BK): Kepala PLN Rayon Siau AP alias Apolos, terekam kamera diduga tengah mengintimidasi wartawan terkait dengan pemberitaan terkait penanganan limbah PLTD PLN Rayon Siau Paniki.
 
Dalam video berdurasi 13 menit tersebut, sejumlah kata-kata ancaman bahkan keluar dari mulut Apolos kepada wartawan Kompas TV Biro Sitaro, Jufri Kasumbala. Kejadian tersebut terjadi di kantor PLN yang ada di Kelurahan Paniki Kecamatan Siau Barat.
 
"Sampe waktu itu kita dapa pa ngana kita potong di leher. (Kalau saja saat itu langsung bertemu, saya potong leher kamu)," teriak AP dalam video rekaman tersebut.
 
Sementara, dari informasi yang dirangkum, kejadian ini bermula ketika tiga orang awak media mendatangi kantor PLN guna melakukan konfirmasi pemberitan kepada AP selaku pimpinan. 
 
Saat menemui para 'kuli tinta' tersebut AP langsung dengan nada tinggi melontarkan kekesalannya lantaran sempat tayang di Kompas TV pemberitaan terkait penanganan limbah PLTD PLN Rayon Siau Paniki.
 
AP alias Apolos sendiri tak menampik kejadian yang terekam di video tersebut. Dia menerangkan apa yang disampaikannya di hadapan para wartawan merupakan bentuk kekesalan atas pemberitaan yang memuat soal limbah PLTD milik PLN. 
 
"Iya memang benar (pernyataan) itu. Tapi memang waktu itu (kemarin) saya emosi. Tidak ada maksud mengancam atau mengintimidasi. Karena saya katakan waktu itu," terang Apollos via sambungan telepon.
 
Sementara itu, dugaan intimidasi lewat pernyataan AP langsung menuai reaksi keras sekaligus kecaman dari berbagai kalangan, khususnya insan pers. Mereka menilai, tidak seharusnya seorang pejabat publik melontarkan pernyataan beraroma ancaman seperti yang terekam video kamera wartawan. 
 
"Kami kerja dilindungi Undang-Undang. Tidak seharusnya oknum pejabat seperti AP melontarkan pernyataan seperti itu. Karenanya kami wartawan, khususnya yang bertugas di Sitaro tidak terima dengan perilaku oknum Kepala PLN Siau itu," tegas Jonly Kaletuang dan Andika Janis, Jurnalis Sitaro.
 
Mereka pun mendesak pimpinan PLN Wilayah Suluttenggo untuk mencopot AP dari jabatannya karena telah melakukan dugaan intimidasi terhadap wartawan dalam menjalankan tugas dan fungsinya. 
 
"Apalagi dalam menjalankan tugas, kami dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers. Makanya kami mendesak agar pimpinan PLN wilayah Suluttenggo mencopot AP dari jabatannya," ujar keduanya.
 
(Mesakh)
Komentar ()
Berita Sitaro
Sitaro
10 Aug 2018 / dibaca 162 kali
SITARO (BK): Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Kepulauan Sitaro akan segera menyalurkan 250 ekor ternak babi bagi 25 Kelompok Usaha Bersama...
Sitaro
10 Aug 2018 / dibaca 160 kali
SITARO (BK): Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kamis 9 Agustus 2018 menggelar paripurna dalam rangka...
Sitaro
09 Aug 2018 / dibaca 147 kali
SITARO (BK): Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Plt Kadis PMD) Marlon Dalentang, S.Sos mengimabau agar seluruh Kampung...
Sitaro
09 Aug 2018 / dibaca 146 kali
SITARO (BK): Taufik dan Zumratul Nafi'ah, pasangan suami istri yang merupakan Jamaah Calon Haji asal Kabupaten Sitaro, Senin 6 Agustus...
Sitaro
08 Aug 2018 / dibaca 118 kali
SITARO (BK): Pemerintah Daerah (Pemda) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Sitaro akhirnya menyetujui terhadap...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.