Sitaro

Basarnas Temukan Sandal dan Sepatu Nelayan yang Hilang di Perairan Siau

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 02 October 2020 22:42   141 kali
SITARO (BK) : Seorang nelayan bernama Philip Wowompansing (56), warga Siau, dikabarkan hilang saat memancing di perairan laut Siau. Kabar tersebut kemudian direspon dengan cepat oleh Basarnas Manado dengan menurunkan Tim SAR gabungan untuk melakukan pencarian.
 
 
Hari pertama pencarian, Kamis (1/10/2020), Koordinator Pos SAR Tahuna, Steven Lumowa langsung mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk pencarian orang hilang.
 
 
Setiba di lokasi kejadian, tim langsung berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk membuka akses serta menggali posisi korban saat terakhir dilihat, ciri-ciri korban dan perahu yang digunakan.
 
 
Pada hari kedua pencarian, tim SAR menemukan tanda-tanda korban berupa sepatu dan sandal di dalam perahu. Proses pencarian pun diperkecil atau memprioritaskan satu lokasi ditemukannya tanda-tanda tersebut.
 
 
 
 
 
Pada pencarian dihari kedua tersebut, Tim SAR Gabungan yang terdiri Basarnas, Polisi, TNI dan BPBD, mendapat bantuan dari tim penyelam serta masyarakat setempat. Mereka kemudian dibagi menjadi beberapa tim untuk pencarian yang lebih maksimal.
 
 
Memasuki hari ketiga, TNI AL menurunkan perahu karet serta tim penyelamnya. Tapi tanda-tanda korban masih belum ditemukan.
 
 
Sementara itu, Kepala Basarnas Manado Suhri Sinaga mengimbau tim pencarian yang terlibat di lokasi kejadian untuk selalu saling mengingatkan tentang keselamatan dalam bekerja. “Ini perlu diingatkan agar pada saat pencarian dilakukan tidak menimbulkan korban baru lagi,” ujar Suhri.
 
 
Ia juga meminta tim untuk selalu menjaga jarak karena masih dalam masa pandemi Covid-19. “Keselamatan rescuer atau tim SAR gabungan pada saat pencarian orang hilang harus diutamakan,” pungkasnya.
 
 
(acha/bk-8)
 
Komentar ()
Berita Sitaro
Sitaro
06 Dec 2018 / dibaca 387 kali
SITARO (BK): Bupati Kabupaten Kepulauan Sitaro Evangelian Sasingen SE, Kamis 6 Desember 2018 melantik Linda Yatahi sebagai Pejabat Kapitalau...
Sitaro
06 Dec 2018 / dibaca 392 kali
SITARO (BK): Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) untuk tahun 2018, sesuai dengan data, tidak ditemukan adanya pengidap HIV/AIDS. Hal ini...
Sitaro
05 Dec 2018 / dibaca 498 kali
SITARO (BK): Meski aktifitas Gubung Api Karangetang di dua pekan belakangan ini mengalami sedikit peningkatan. Namun, hal itu tidak membuat...
Sitaro
04 Dec 2018 / dibaca 433 kali
SITARO (BK): Kapolsek Urban Siau Barat Johanis Sasebohe S,Sos mengajak seluruh masyarakat untuk tetap menjaga Keamanan Ketertiban Masyarakat...
Sitaro
04 Dec 2018 / dibaca 412 kali
SITARO (BK): Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Kepulauan Sitaro, Drs John Palandung MSi melakukan inspeksi mendadak (sidak) di tiga instansi...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.