Sitaro

Jurnalis di Sitaro Diintimidasi Oknum Diduga Tim Pemenangan Pasangan Calon

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 07 April 2018 12:28   217 kali
SITARO (BK): Belum hilang dari ingatan tindakan intimidasi yang dilakukan oleh calon kepala daerah kepada jurnalis di Ambon, kini hal tersebut terulang di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) Provinsi Sulawesi Utara.
 
Adalah RM alias Ronald alias Martin, oknum diduga tim pemenangan Pasangan Calon jalur independen Siska Salindeho-Makainas yang melakukan intimidasi kepada wartawan yang meliput di kabupaten Sitaro.
 
RM alias Ronald alias Martin membentak wartawan yang baru saja meliput rapat persiapan debat pasangan calon yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Sitaro, Jumat 6 April 2018 di Hotel Jakarta Ulu Siau.
 
RM alias Ronald alias Martin selain melakukan intimidasi juga mengatakan jika para wartawan yang meliput adalah wartawan gadungan dengan nada tinggi dan mata melotot.
 
"Kami tidak tahu salah kami apa kemudian dia (RM) membentak kami. Ini juga disaksikan banyak saksi dan di hadapan 3 komisioner KPU juga," tutur Edwin Bawole, salah satu wartawan yang diintimidasi.
 
Menurut Edwin Bawole, saat itu dirinya bersama 2 rekan lainnya sementara berjabat tangan dengan komisioner KPU Sitaro, dimana RM alias Ronald alias Martin berada disitu. Tiba-tiba, RM langsung melontarkan kata-kata intimidasi.
 
"Ngoni kalau bekeng berita berimbang, jangan cuma dorang peberita yang ngoni bekeng (Kalian kalau menulis berita harus berimbang, jangan hanya berita mereka yang di tulis)," tutur Bawole menirukan ucapan RM.
 
Menurut Bawole, dirinya menjawab pernyataan RM dengan mengatakan jika selama ini dirinya bersama rekan yang lain, selalu meliput semua kegiatan kampanye pasangan calon yang bertarung, dan tidak pernah menunjukan keberpihakan ataupun tendensius kepada pasangan calon siapapun, karena terus diingatkan untuk menjaga netralitas sebagai jurnalis.
 
"Tapi si RM ini langsung menjadi-jadi dan menyebut kami sebagai wartawan gadungan. Kata dia dasar kalian wartawan-wartawan gadungan," tutur Bawole yang mengaku telah melaporkan kejadian ini ke redaksinya dan diminta untuk melaporkan hal tersebut ke pihak berwajib.
 
Sementara, sejumlah wartawan yang biasa meliput di Kabupaten Sitaro mengaku jika hal tersebut akan berakhir di jalur hukum karena telah melecehkan profesi jurnalis dan juga melakukan pencemaran nama baik terhadap 3 jurnalis yang mendengar langsung pernyataan tersebut.
 
 
"Tentunya kami para jurnalis akan melaporkan kejadian ini. Kami juga mengingatkan seluruh paslon wajib memberikan pendidikan politik kepada tim pemenangan," tutur para wartawan.
 
Sementara, beberapa pihak yang mendengar pernyataan RM alias Ronald alias Martin menduga jika perilaku tidak terpuji tersebut berani dilakukan karena 2 dari 3 wartawan yang diintimidasinya berasal dari luar daerah.
 
 
"Atau mungkin karena dia melihat dua orang jurnalis yang bukan orang asli Sitaro makanya dia seenaknya mengintervensi pekerjaan jurnalis," kata sejumlah pihak tersebut.
 
Sayangnya, hingga berita ini dipublish Sabtu 7 April 2018 siang ini, pasangan calon Siska Salindeho-Makainas masih belum bisa dikonfirmasi tentang perilaku RM alias Ronald alias Martin, yang diduga oknum tim pasangan calon dari jalur independen ini.
 
(Mesakh)
Komentar ()
Berita Sitaro
Sitaro
10 Aug 2018 / dibaca 162 kali
SITARO (BK): Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Kepulauan Sitaro akan segera menyalurkan 250 ekor ternak babi bagi 25 Kelompok Usaha Bersama...
Sitaro
10 Aug 2018 / dibaca 160 kali
SITARO (BK): Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kamis 9 Agustus 2018 menggelar paripurna dalam rangka...
Sitaro
09 Aug 2018 / dibaca 147 kali
SITARO (BK): Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Plt Kadis PMD) Marlon Dalentang, S.Sos mengimabau agar seluruh Kampung...
Sitaro
09 Aug 2018 / dibaca 146 kali
SITARO (BK): Taufik dan Zumratul Nafi'ah, pasangan suami istri yang merupakan Jamaah Calon Haji asal Kabupaten Sitaro, Senin 6 Agustus...
Sitaro
08 Aug 2018 / dibaca 118 kali
SITARO (BK): Pemerintah Daerah (Pemda) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Sitaro akhirnya menyetujui terhadap...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.