Sitaro

KM Harapan Berkat Nyaris Tenggelam di Utara Makalehi

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 13 February 2018 21:00   207 kali
Kapal Motor (KM) Harapan Berkat yang melayari rute Manado-Makalehi-Tahuna yang karam
SITARO (BK): Cuaca ekstrim yang tengah melanda wilayah kepulauan terus berdampak buruk bagi sejumlah pelayaran. Salah satunya Kapal Motor (KM) Harapan Berkat yang melayari rute Manado-Makalehi-Tahuna. 
 
Kapal ini nyaris tenggelam di Perairan Makalehi, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) akibat dihantam gelombang besar.
 
Dari informasi yang diperoleh, kapal jenis kargo dengan kapasitas GT-32 ini, karam di wilayah utara Pulau Makalehi Minggu, (11/02) sekira pukul 21.30 WITA. Kapal dengan muatan barang pecah belah ini sendiri bertolak dari Pelabuhan Makalehi sekitar pukul 19.00 WITA menuju Pelabuhan Nusantara Tahuna. 
 
Berlayar kurang lebih sejauh empat mil dari pelabuhan, tiba-tiba terjadi kebocoran di lambung kapal karena hantaman gelombang laut. Akibatnya, air laut mulai masuk ke badan kapal.
 
Anak Buah Kapal (ABK) pun mencoba menguras air laut dengan alcon (alat pengisap air). Namun banyaknya volume air, alcon yang dipakai tak mampu menguras air yang terus menerus masuk ke lambung kapal. 
 
Kondisi ini membuat nakhoda kapal mengambil inisiatif dengan memutar haluan, sekaligus sengaja mengkandaskan kapal di sebelah utara Pulau Makalehi. Kapal pun karam kurang lebih 100 Meter dari pesisir pantai. 
 
Koordinator Search and Rescue (SAR) Tahuna Yahya Sadue membenarkan peristiwa kecelakaan laut ini. Menurut Sadue semua kru atau ABK dalam kondisi selamat. 
 
"Tidak ada korban jiwa, semua ABK selamat," tutur Sadue.
 
Sementara, Kapten KM Harapan Berkat Beny Saluhan mengaku seluruh ABK selamat dimana saat ini dibantu masyarakat, para ABK tengah berupaya menurunkan muatan yang masih tersisa di atas kapal. 
"Memang ombak sangat besar," kata Saluhan singkat.
 
Sementara itu, Bupati Sitaro Toni Supit SE MM menyikapi peristiwa ini, mengimbau agar semua pihak harus cermat dan selalu memperhatikan kondisi cuaca yang ada. 
 
"Cuaca memang tak bisa diprediksi, apalagi dengan dampak iklim dari negara tetangga Filipina. Tapi, kita harus benar-benar waspada," kata Bupati kembali.
 
(Mesakh)
Komentar ()
Berita Sitaro
Sitaro
30 Jun 2018 / dibaca 369 kali
SITARO (BK): Bupati Kabupaten Kepulauan Sitaro Toni Supit SE MM memimpin apel kerja Aparatur Sipil Negara (ASN), yang dirangkaikan dengan...
Sitaro
30 Jun 2018 / dibaca 375 kali
SITARO (BK): Perekrutan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk Kabupaten Kepulauan Sitaro saat ini dalam tahap pemilihan oleh Tim...
Sitaro
29 Jun 2018 / dibaca 365 kali
SITARO (BK): Corneles Manope (65) warga Kampung Buise Kecamatan Siau Timur, suami dari Prokaina Daraeng (60) dan ayah dari Renelson Manope...
Sitaro
28 Jun 2018 / dibaca 401 kali
SITARO (BK): Kesabaran Evangelian Sasingen-Jhon Heit Palandung (Yes-Jo), saat mereka di bully habis-habisan di media sosial serta difitnah,...
Sitaro
28 Jun 2018 / dibaca 339 kali
SITARO (BK): Menyalurkan hak pilih dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Kepulauan Sitaro sudah menjadi hak masing-masing warga,...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.