Sitaro

Pamsimas Tahap II Segera Rampung

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 09 February 2018 19:42   172 kali
Charlton Wuaten
SITARO (BK): Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Tahap II yang berlangsung di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) mendekati tahap perampungan. Program ini sendiri merupakan program sustainable atau berkelanjutan.
 
Adapun program pamsimas ini menyasar di 15 kampung yang ada di 'Bumi Karamando'. Bupati Sitaro Toni Supit mengharapkan dalam waktu dekat semua kampung telah terpapar program pansimas ini.
 
Bupati Supit menambahkan, program Pamsimas tersebut bagian indikator dari pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) yang merupakan lanjutan pelaksanaan Millenium Development Goals (MDGs) yang telah berakhir 2015 lalu. 
 
"Tujuannya untuk menyiapkan sarana air bersih yang lebih baik bagi masyarakat di setiap kampung," katanya. 
 
Menurut Supit, kebutuhan air bersih di sejumlah kampung di Sitaro sangat substansi. Dengan kondisi wilayah yang menjadi kendala maka program pamsimas ini sekiranya bisa memenuhi kebutuhan air bersih yang layak. 
 
"Ini adalah program agar masyarakat bisa menikmati air bersih," kata Supit.
 
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Charlton B Wuaten ST menambahkan, dari 15 kampung yang menjadi sasaran penerapan program pamsimas tersebut, sebanyak 12 kampung telah selesai proses pembangunan sarana air bersihnya. 
 
"Untuk tiga kampung realisasinya akan dirampungkan tahun ini," kata Wuaten. 
 
Ia menuturkan, total anggaran terkait penerapan program pamsimas ini berbandrol Rp 245 juta. Daerah sendiri terlibat dengan sharing anggaran 20 persen dari total anggaran yang digelontorkan pusat. 
"Target SDGs ini pada 2019 mendatang bahwa semua kampung sudah bisa menikmati air bersih yang layak," sebutnya. 
 
Kendati demikian sasaran program pansimas tersebut lebih pada penyediaan air bersih yang layak bagi masyarakat. Sedangkan untuk sanitasi masih bersifat advokasi atau pendampingan yakni memberi pemahaman kepada masyarakat terkait penerapan sanitasi yang benar. 
"Hakekatnya akan ada evaluasi mengenai penerapan program pansimas ini. Dari hasil evaluasi kalau berhasil akan ditindaklanjuti dengan program stimulan agar program yang memang benar-benar maksimal dinikmati masyarakat," kata Wuaten.
 
(Mesakh)
Komentar ()
Berita Sitaro
Sitaro
03 Dec 2018 / dibaca 103 kali
SITARO (BK): Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Kepulauan Sitaro mengupayakan untuk tahun 2019, sepuluh Sekolah Menengah...
Sitaro
29 Nov 2018 / dibaca 124 kali
SITARO (BK): Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara sosialisasikan pengawasan pemilu partisipatif dalam rangka pemilihan...
Sitaro
29 Nov 2018 / dibaca 126 kali
SITARO (BK): Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Kepulauan Sitaro, Herry Lano SE MM MTh, bertindak sebagai...
Sitaro
29 Nov 2018 / dibaca 251 kali
SITARO (BK): Sekertaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kepulauan Sitaro, Dra Agustina Budiman berharap ada...
Sitaro
28 Nov 2018 / dibaca 83 kali
SITARO (BK): Tiga hari menjelang bulan Desember harga rica di Pasar Tradisional Ondong melonjak naik hingga 100 persen dari harga biasanya....
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.