Sitaro

Pamsimas Tahap II Segera Rampung

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 09 February 2018 19:42   110 kali
Charlton Wuaten
SITARO (BK): Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Tahap II yang berlangsung di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) mendekati tahap perampungan. Program ini sendiri merupakan program sustainable atau berkelanjutan.
 
Adapun program pamsimas ini menyasar di 15 kampung yang ada di 'Bumi Karamando'. Bupati Sitaro Toni Supit mengharapkan dalam waktu dekat semua kampung telah terpapar program pansimas ini.
 
Bupati Supit menambahkan, program Pamsimas tersebut bagian indikator dari pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) yang merupakan lanjutan pelaksanaan Millenium Development Goals (MDGs) yang telah berakhir 2015 lalu. 
 
"Tujuannya untuk menyiapkan sarana air bersih yang lebih baik bagi masyarakat di setiap kampung," katanya. 
 
Menurut Supit, kebutuhan air bersih di sejumlah kampung di Sitaro sangat substansi. Dengan kondisi wilayah yang menjadi kendala maka program pamsimas ini sekiranya bisa memenuhi kebutuhan air bersih yang layak. 
 
"Ini adalah program agar masyarakat bisa menikmati air bersih," kata Supit.
 
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Charlton B Wuaten ST menambahkan, dari 15 kampung yang menjadi sasaran penerapan program pamsimas tersebut, sebanyak 12 kampung telah selesai proses pembangunan sarana air bersihnya. 
 
"Untuk tiga kampung realisasinya akan dirampungkan tahun ini," kata Wuaten. 
 
Ia menuturkan, total anggaran terkait penerapan program pamsimas ini berbandrol Rp 245 juta. Daerah sendiri terlibat dengan sharing anggaran 20 persen dari total anggaran yang digelontorkan pusat. 
"Target SDGs ini pada 2019 mendatang bahwa semua kampung sudah bisa menikmati air bersih yang layak," sebutnya. 
 
Kendati demikian sasaran program pansimas tersebut lebih pada penyediaan air bersih yang layak bagi masyarakat. Sedangkan untuk sanitasi masih bersifat advokasi atau pendampingan yakni memberi pemahaman kepada masyarakat terkait penerapan sanitasi yang benar. 
"Hakekatnya akan ada evaluasi mengenai penerapan program pansimas ini. Dari hasil evaluasi kalau berhasil akan ditindaklanjuti dengan program stimulan agar program yang memang benar-benar maksimal dinikmati masyarakat," kata Wuaten.
 
(Mesakh)
Komentar ()
Berita Sitaro
Sitaro
06 May 2018 / dibaca 0 kali
SITARO (BK): Bupati Kabupaten Kepulauan Sitaro Toni Supit SE MM melantik dua pejabat Kapitalau pertama di Gedung Gereja Sion Boto bupati...
Sitaro
06 May 2018 / dibaca 62 kali
SITARO (BK): Pembangunan tower salah satu layanan telekomunikasi yang mengandalkan frekuensi 450 MHz dengan kekuatan sinyal 4G Long Term...
Sitaro
06 May 2018 / dibaca 67 kali
SITARO (BK): Kemajuan teknologi membuat orang dari seantero dunia bisa mengetahui kondisi dimanapun, kapanpun secara cepat. Melihat kondisi...
Sitaro
06 May 2018 / dibaca 67 kali
SITARO (BK): Bupati Kabupaten Sitaro, Toni Supit, memberikan apresiasi tinggi kepada Andreas Febrianto Rindu, siswa asal SMA Negeri 1 Siau,...
Sitaro
03 May 2018 / dibaca 90 kali
SITARO (BK): Sebanyak 422 peserta Ujian Nasoonal Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat SMA dan SMK di tiga sekolah yakni SMA Negeri 1 Sitim,...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.