Sitaro

Resmikan Gedung Sentra IKM, Supit Ajak Warga Olah Produk Turunan Pala

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 27 May 2018 11:02   317 kali
Bupati Sitaro Toni Supit saat menandatangani prasasti peresmian gedung sentra IKM
SITARO (BK): Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) merupakan daerah penghasil buah pala terbesar dan terbaik di dunia. Sayangnya, selama ini Kabupaten Sitaro masih menjadi penyedia bahan baku saja dan belum pada pengelolaan turunan dari buah Pala.
 
Melihat kondisi tersebut, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro memilih untuk mendorong para warga untuk bergerak di bidang pengelolaan turunan buah Pala. Salah satunya dengan membangun sentra Industri Kecil Menengah (IKM) yang telah diresmikan Jumat 25 Mei 2018 di Kelurahan Paniki.
 
Saat meresmikan gedung sentra IKM tersebut, Bupati Kepulauan Sitaro, Toni Supit mengajak agar para pelaku IKM bisa terus mengasah keterampilan dan kemampuan dalam memproduksi produk turunan Pala dengan kualitas terbaik.
 
"Mengingat ketersedian bahan baku pala, jadi tidak ada hamabatan bagi kita untuk menseriusi pengelolaan pala ini," kata Supit.
 
Selain Pala, Supit juga meminta agar ada peningkatan kualitas SDM yang nantinya mampu untuk memanajemen pemasaran produk-produk unggulan lokal yang di produksi oleh IKM sehingga mampu merambah ke tingkat Nasional bahkan sampai ke Internasional. 
 
"Tentunya dengan memanfaatkan akses media sebagai terobosan mempromosikan produk-produk lokal," ujarnya.
 
Sementara, dalam kesempatan peresmian gedung IKM, perwakilan Direktorat Jenderal Pengembangab Wilayah Industri, Juneka Sihombing mengatakan sentra IKM perlu dibangun di wilayah-wilayah yang memiliki potensi untuk menghasilkan barang yang bisa diproduksi melalui IKM. 
"Berdasarkan kondisi saat ini, komoditi Pala asal Sitaro perlu dimanfaatkan. Jadi perlu dilakukan pembangunan sentra IKM dalam produksi buah pala," katanya.
 
Pembangunan sentra IKM ini dibagi menjadi tiga tahap dalam tahun pembangunan melalui bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian perindustrian dengan rincian tahap I tahun 2017 sebesar Rp 3.992.600.000 Miliar dan tahap II tahun 2018 Rp 6.989.000.000 Miliar.
 
(mesakh)
Komentar ()
Berita Sitaro
Sitaro
30 May 2018 / dibaca 224 kali
SITARO (BK): Bupati Kabupaten Kepulauan Sitaro Toni Supit SE MM berharap produksi pala dapat menembus pasar Nasional secepatnya. Hal ini bisa...
Sitaro
30 May 2018 / dibaca 205 kali
SITARO (BK): Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) akan kembali digulirkan pada tahun 2018 ini. Ivent tahunan ini melombakan seni untuk...
Sitaro
29 May 2018 / dibaca 186 kali
SITARO (BK): Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) Toni Supit, SE.MM mengatakan jika saat ini dirinya tengah melakukan lobi-lobi ke...
Sitaro
29 May 2018 / dibaca 179 kali
SITARO (BK): Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro terus menjadi daerah terbaik dalam hal Tata Kelola Dana Desa (Dandes) di Provinsi Sulawesi...
Sitaro
29 May 2018 / dibaca 167 kali
SITARO (BK): Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Sitaro masih menahan pembayaran ke PT Pura Barutama, kontraktor yang mengurusi...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.