Talaud

Ada 1.000 Lilin untuk Surabaya di Batas Utara Bumi Porodisa

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 17 May 2018 19:51   1446 kali
1000 lilin Batas Utara NKRI Kepulauan Talaud Stop Radikalisme dan Anarkisme. (foto : ist)
MELONGUANE (BK) : Teriakan ‘Indonesia’ membahana di Monumen Patung Yesus Puncak Bu’i Batu Melonguane. Teriakan tepat pukul 19.00 WITA, Rabu (16/5/2018) itu mengawali pelaksanaan 1000 lilin Batas Utara NKRI Kepulauan Talaud Stop Radikalisme dan Anarkisme.
 
 
Sekitar seribuan warga antar umat beragama turut serta pada kegiatan bertema Pray For Surabaya, Spirit For Indonesia. Usai mengheningkan cipta untuk para korban di Surabaya, dilanjutkan dengan puisi oleh anak gereja Sionode.
 
 
Turut hadir dalam kegiatan itu, Kapolres Talaud AKBP Marojahan Denny Irawan Situmorang, Danlanal Melonguane Letkol Mar Augustinus Purba, Dandim 1312/Talaud Letkol Arm Gregorius Eka Setiawan, Anggota Komisi 1 DPRD Sulut Godfried R.Timpua, Asisten III Pemkab Talaud Alfed Djodi Tasiringan, mewakili Kajari Talaud Obi Selang, serta calon Bupati Nomor Urut 2 Welly Titah.
 
 
Penjabat Bupati Talaud Petrus Tuange kemudian melakukan penandatanganan Piagam Porodisa dan membacakan 5 poin yang isinya :
 
 
- Kami anak Negeri Porodisa turut berduka cita dengan korban bom teror yang saat ini terjadi, dan mengecam keras aksi radikalisme, anarkisme dan terorisme di Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 
 
- Kami anak Negeri Porodisa mendukung pemberantasan paham dan aksi Radikalisme, Anarkisme dan Terorisme,serta mendorong DPR RI segera mensahkan UU Anti Terorisme.
 
 
- Kami anak Negeri Porodisa bersedia membela Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika dari paham aksi Radikalisme, Anarkisme dan Terorisme, termasuk di tanah Porodisa.
 
 
- Kami anak Negeri Porodisa berjanji menjaga kehidupan antar umat beragama yang rukun dan damai.
 
 
- Kami anak Negeri Porodisa bertekad hidup rukun dan damai saling menghormati kebebasan dalam menjalakan ibadah menurut agama dan keyakinannya dalam bingkai Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 
 
 
Penjabat Bupati Talaud, Petrus Tuange saat menandatangani Piagam Porodisa. (foto : ist)
 
 
Usai penandatanganan Piagam Porodisa, dilanjutkan dengan doa secara berurutan, yang dimulai dari tokoh adat sampai semua pemuka agama. Kemudian dilanjutkan dengan penyalaan seribu lilin secara estafet kepada seluruh masyarakat yang memegang lilin.
 
 
Suasana haru makin terasa saat masyarakat yang memegang lilin, kemudian menyanyikan lagu nasional Gugur Pahlawanku. Mengakhiri kegiatan dilakukan jabat tangan untuk mempererat tali silaturahmi.
 
 
Salah seorang warga yang turut dalam kegiatan itu mengaku sedih dengan tragedi Surabaya. Namun dengan kejadian itu membuat masyarakat bisa bersatu dan kemudian membangkitkan semangat untuk bersama-sama menolak Radikalisme, Anarkisme dan Terorisme.
 
 
“Kami tidak takut, karena kerukunan kami di bumi Porodisa sudah terbangun lama. Kami akan terus menjaga kerukunan itu sampai kapanpun,” tukasnya.
 
 
Pelaksanaan kegiatan Seribu Lilin dari Bumi Porodisa untuk Surabaya ini mendapat pengamanan ketat dari 1 Satuan Setingkat Peleton (SST) Polres Talaud, 1 SST Kodim 1312/Talaud, 1 SST BKO Pam Pilkada Yonif 712 Raider.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Talaud
Talaud
20 Oct 2016 / dibaca 1199 kali
TALAUD (BK): Wali Kota Tomohon, Jimmy F Eman SE Ak turut mendampingi Gubernur Sulawesi Utara saat Presiden Ir. Joko Widodo (Jokowi)...
Talaud
27 Sep 2014 / dibaca 2473 kali
TALAUD (BK): Gempa bumi berkekuatan 5,1 skala Richter mengguncang Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada Sabtu dini hari (27/9/2014)....
Talaud
23 Mar 2014 / dibaca 3414 kali
MELONGUANE (BK): Gempa berkekuatan 5,2 SR mengguncang Sulawesi Utara. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa...
Talaud
16 Feb 2014 / dibaca 3465 kali
MELONGUANE (BK): Gempa bumi berkekuatan 5,2 SR mengguncang kawasan Sulawesi Utara. Tepatnya di 85 km barat laut Kepulauan Talaud Sulawesi...
Talaud
18 Dec 2013 / dibaca 3159 kali
MELONGUANE (BK): Kawasan Sulawesi diguncang gempa, tepatnya 41 km sebelah tenggara Kepulauan Talaud Sulawesi Utara. Gempat tersebut diketahui...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.