Talaud

BMKG: Talaud Rawan Gempa

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 02 October 2011 15:29   2513 kali
BENCANA ALAM DI TALAUD: Salah seorang pria sedang menggotong warga yang tidak bisa berjalan karena sakit, beberapa waktu lalu. (antaranews)

TALAUD (BK): Dari sekian banyak gempa yang terjadi di Sulawesi Utara, kebanyakan di bagian utara kota Manado. Yakni, Kabupaten Talaud dan sebelah timur Kota Manado, di Perairan Laut Maluku.

 

Demikian disampaikan Kepala Seksi Informasi dan Data, Stasiun Geofisika, BMKG Sulut, Riyadi, di Manado, Minggu (2/10/2011). 

 
BMKG melalui Stasiun Geofisika Winangun, Kota Manado, Sulawesi Utara, memetakan Kabupaten Talaud sebagai daerah rawan gempa. 
 
 
Dijelaskannya, di sebelah utara laut Sulawesi, tepatnya di Provinsi Gorontalo, juga sering terjadi gempa tektonik. 
 
 
Hanya saja, menurut dia, frekuensi gempanya tidak seaktif seperti yang terjadi di Kabupaten Talaud dan sebelah timur laut Maluku. 
 
 
"Setiap bulan kami selalu merekam terjadinya puluhan hingga ratusan gempa di Sulawesi Utara," kata Riyadi. 
 
 
Dijelaskannya, tahun 2009 gempa tektonik dengan kekuatan 7,4 skala Richter (SR) sempat mengguncang Kabupaten Talaud. 
 
 
Kekuatan gempa waktu itu, kata Riyadi, cukup meluluhlantakkan permukiman penduduk, bangun rumah, bangunan milik pemerintah dan swasta. 
 
 
"Gempa yang tergolong besar waktu itu juga sempat terasa hingga ke Manado. Cukup kuat memang karena bisa merobohkan rumah warga serta keretakan dinding beton. Karena itu, kami tetap berharap warga waspada. Bila terjadi gempa, carilah tempat yang lebih aman," katanya. 
 
 
Dikatakannya, ada beberapa hal yang bisa mengakibatkan kerusakan akibat gempa.  Di antaranya, jenis batuan penyusun di lapisan permukaan di Sulawesi Utara rata-rata lebih keras. Kemudian, jenis bangunan di Sulawesi Utara kebanyakan lebih baik konstruksinya. 
 
 
Hal lainnya, jumlah populasi penduduk. Semakin padat penduduk saat terjadi gempa, akan semakin banyak korban. Selain itu, kedekatan dengan sumber gempa. 
 
 
"Semakin dekat posisi atau lokasi permukiman penduduk, akan semakin besar pula potensi kerusakan yang terjadi," jelasnya. 
 
 
Karena itu, kata Riyadi, beberapa hal inilah yang membedakan antara kerusakan yang terjadi di Pulau Jawa dengan gempa yang terjadi di Sulawesi Utara. 
 
 
"Meski daya rusak gempa cukup kuat, kerusakan yang terjadi di Sulawesi Utara hanya sedikit dibanding kerusakan yang terjadi di Pulau Jawa pada saat gempa," katanya.  Kabupaten Talaud termasuk titik-titik di Sulawesi Utara tergolong rawan gempa, kata Riyadi.
 
(mi/bk-1)


 
Komentar ()
Berita Talaud
Talaud
05 Oct 2011 / dibaca 2334 kali
TALAUD (BK): Luar biasa! Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Talaud dituding minta Rp2 miliar untuk studi banding bimbingan teknik...
Talaud
02 Oct 2011 / dibaca 2514 kali
TALAUD (BK): Dari sekian banyak gempa yang terjadi di Sulawesi Utara, kebanyakan di bagian utara kota Manado. Yakni, Kabupaten Talaud dan...
Talaud
03 Sep 2011 / dibaca 1455 kali
TALAUD (BK): Anggaran pembebasan lahan yang akan dijadikan Bandara Miangas, Sulawesi Utara menelan biaya sekitar Rp9 miliar. Anggaran itu...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2017 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.