Talaud

Inilah Kasus Dugaan Korupsi Seret Cabup dari PDIP di Talaud

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 01 August 2013 22:54   3852 kali
Bupati Kapulauan Talaud, Constantine Ganggali.

MANADO (BK): Bupati Kepulauan Talaud, Constantine Ganggali ditengarai tersandung beberapa kasus dugaan korupsi sewaktu dirinya masih menjadi Sekretaris Kabupaten (Sekda) di masa pemerintahan Bupati Engelbert Lasut.

Sebut saja, indikasi penyimpangan dana bantuan bencana Talaud tahun 2007  dan dugaan penyimpangan transportasi air. Belum lagi, kasus dugaan korupsi dana hibah bencana alam atau Bantuan Sosial (Bansos) Talaud 2007 yang menelan dana Rp7 miliar.

Calon Bupati Talaud periode 2013-2018 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, ini boleh dikata sedang berjalan di atas kerikil tajam (baca: kasus).

“Semua yang dibawah jabatannya termasuk para kontraktor  sudah ditetapkan tersangka.Tidak menutup kemungkinan Ganggali juga akan ditetapkan tersangka,” kata sumber di kantor Polda Sulawesi Utara.

Beberapa waktu lalu, ia diperiksa Unit 2 Subdit 1 Tipikor Reskrim Khusus terkait dugaan mark up persoalan aset dan anggaran Sosialisasi Perundang-undangan.

Pemanggilan Ganggali terkait dugaan mark up pada anggaran transportasi air. Kasus ini diselidiki Polda Sulut berdasarkan LHP BPK tahun 2011 sampai 2013. Juga pemeriksaan atas persoalan aset serta anggaran sosialisasi perundang-undangan yang juga diduga terjadi mark up.

Kasus dugaan penyimpangan dana bencana Talaud yang sedang digodok Subdit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polda Sulut, bakal meningkat ke tahap penyidikan. Pasalnya, kasus itu kuat indikasi melanggar pidana sebab telah menyeret beberapa tersangka saat proses hukum beberapa waktu lalu.

“Harus melalui prosedur penanganan kasus agar dapat dituntaskan dengan baik,” tegas Kabid Humas Polda Sulut, AKBP Denny Adare kepada wartawan. Ganggali hingga berita ini diturunkan sulit dihubungi.

(patria)
 

Komentar ()
Berita Talaud
Talaud
05 Oct 2011 / dibaca 2337 kali
TALAUD (BK): Luar biasa! Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Talaud dituding minta Rp2 miliar untuk studi banding bimbingan teknik...
Talaud
02 Oct 2011 / dibaca 2515 kali
TALAUD (BK): Dari sekian banyak gempa yang terjadi di Sulawesi Utara, kebanyakan di bagian utara kota Manado. Yakni, Kabupaten Talaud dan...
Talaud
03 Sep 2011 / dibaca 1455 kali
TALAUD (BK): Anggaran pembebasan lahan yang akan dijadikan Bandara Miangas, Sulawesi Utara menelan biaya sekitar Rp9 miliar. Anggaran itu...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2017 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.