Tomohon

Ekspresi JMS, Ajang Pencarian Duta Adhyaksa Inovasi Dinas Pendidikan dan Kejari Tomohon

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 15 October 2019 21:34   238 kali
TOMOHON (BK) : Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara (Kajati Sulut) Andi Muh Iqbal Arief menghadiri acara puncak kegiatan Ekspose Prestasi dan Kreativitas bersama Jaksa Masuk Sekolah (EKSPRESI JMS) tahun 2019 di Gedung Auditorium Bukit Inspirasi Tomohon, Selasa (15/10/2019) pagi.
 
 
Ekspresi JMS adalah ajang pencarian Duta Adhyaksa tingkat SD, SMP dan SMA/SMK di Kota Tomohon. Kegiatan ini merupakan program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tomohon dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Tomohon yang sudah dilaksanakan sejak 2016 silam.
 
 
Di tahun ke 4 penyelenggaraannya, Ketua Panitia Juliana D. Karwur  menyebut telah banyak menelurkan Duta Adhyaksa dan siswa yang kreatif, inovatif, mengetahui hukum serta menjauhi atau menghindari perbuatan pidana. “Pemerintah Kota Tomohon pun telah menjadikan Ekspresi JMS sebagai salah satu program unggulan di bidang pendidikan,” ujar Karwur yang juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon.
 
 
Menurut Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, Ekspresi JMS merupakan salah satu program peningkatan taat hukum kepada para siswa. Dia pun mengapresiasi dan akan mendukung program ini kedepannya karena bertujuan mewujudkan Nawacita Presiden dan Wakil Presiden RI.
 
 
“Pada butir ke delapan Program Nawacita menitikberatkan pada revolusi karakter bangsa bidang pendidikan nasional. Pelaksanaannya melalui langkah strategis dan efektif dengan cara mengaktualisasikan prestasi dan kreatifitas serta bakat para siswa dan siswi di Kota Tomohon,” terang Walikota.
 
 
 
 
Sementara Kajati Sulut, Andi Muh Iqbal Arief saat memberikan sambutannya mengatakan Ekspresi JMS merupakan salah satu bentuk langkah strategis dalam mendukung terwujudnya revolusi karakter bangsa seperti pada poin 8 program Nawacita. 
 
 
Dia berharap Kejari se-Sulut dapat berinovasi dan berkreasi seperti yang telah dilaksanakan oleh Kejari Tomohon. “Mudah-mudahan melalui kegiatan ini dapat menghasilkan siswa taat hukum yang memiliki sifat kreatif dan inovatif sehingga dapat mengharumkan nama baik Kota Tomohon,” ungkapnya.
 
 
 
 
Acara puncak Ekspresi JMS ini dihadiri juga oleh Wakajati Sulut Albina D. Prawitaningsih, para Asisten di Kejati Sulut, Kabag Tata Usaha, Kajari se-Sulut, para koordinator dan Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Wilayah Sulut Nurhayati Andi Iqbal dan pengurus. Kemudian Forkopimda Kota Tomohon, Kepala OPD Kota Tomohon, pihak sekolah dan siswa dan siswi peserta lomba di tingkat SD, SMP dan SMA/SMK se- Kota Tomohon.
 
 
Pada Grand Final Pemilihan Duta Adhyaksa 2019, Ketua IAD Wilayah Sulut Nurhayati Andi Iqbal serta Wakil Walikota Syerli Adelina Sompotan menjadi tim penilai. Sedangkan Kajati Sulut Andi Muh Iqbal Arief dan Wakajati Sulut Albina D. Prawitaningsih, diberi kesempatan sebagai penanya kepada peserta sesuai pertanyaan yang telah disiapkan panitia lomba.
 
 
Berikut hasil lengkap lomba Duta Adhyaksa Kota Tomohon 2019:
 
 
Duta Adhyaksa Putri: Rinoa Senduk (SMA Negeri  1 Tomohon).
Duta Adhyaksa Putra: Riegelkent Antou (SMA Kristen 2 Binsus Tomohon).
 
Runner up 1 Putri: Evangelista Mangundap (SMA Negeri 1 Tomohon).
Runner up 1 Putra: Kristofer Imbang (SMA Negeri 1 Tomohon).
 
Runner Up 2 Putri: Gitcheel Lensun (SMA Lokon St. Nicolaus Tomohon).
Runner Up 2 Putra: Daniel Palar (SMA Negeri 1 Tomohon).
 
 
Lomba Ekspresi JMS 2019
 
Jaksa Cilik (SD): 
Putra:
1. Matthe Taba (SD Katolik Frater Don Bosco)
2. Hendra C Paat (SD Inpres Kumelembuai)
3. Zacherry N Sompotan (SD GMIM I Kakaskasen)
4. Natanael RK Kawet (SD Inpres Kakaskasen II)
 
Putri:
1. Mischenka AB Ngantung (SD Katolik St. Clara)
2. Anisa A Pontoan (SD Katolik I Taratara)
3. Karen O Wajong (SD GMIM VII Tomohon)
 
 
Lomba Pidato (SMP):
1. Christy Masinambouw (SMP Negeri I Tomohon)
2. Johanbert Tangkere (SMP Negeri II Tomohon)
3. Rivaldy Sebel (SMP Kristen Woloan)
 
 
Lomba Yel-yel (SMP):
1. SMP Negeri IV Tomohon
2. SMP Bunda Hati Kudus (BHK) Woloan
3. SMP Kristen Woloan
 
 
Lomba Stand Up Comedy (SMA):
1. Veybe Rambing (SMA Kristen Tomohon)
2. Enrique Tombokan (SMA Negeri I Tomohon)
3. Servila Koloay (SMA Kristen III Tomohon)
 
 
Lomba Pidato (SMA):
1. Eklesia Rumambi (SMA Kristen I Tomohon)
2. Domini T Bolah (SMA Kristen I Tomohon)
3. Micell Akay (SMA Negeri I Tomohon)
 
 
Lomba Yel-yel (SMA):
1. SMA Kristen I Tomohon
2. SMA Kristen II Binsus Tomohon
3. SMA Negeri I Tomohon
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Tomohon
Tomohon
12 Sep 2017 / dibaca 855 kali
TOMOHON  (BK): Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melaksanakan rapat koordinasi dan evaluasi (rakorev) Keuangan Daerah, di Rumah Dinas Wali...
Tomohon
11 Sep 2017 / dibaca 723 kali
TOMOHON  (BK): Wali Kota Tomohon, Jimmy F. Eman, SE. Ak membuka Pekan Olahraga Kota (Porkot) ke - III, di Lapangan Parasamya Walian...
Tomohon
11 Sep 2017 / dibaca 1024 kali
TOMOHON (BK): Seorang bidan harus dapat menangani kasus kedaruratan obstetri (kebidanan) yang disebabkan kegagalan dalam mengenai resiko...
Tomohon
11 Sep 2017 / dibaca 752 kali
TOMOHON (BK): Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon, Ir Miky J. L. Wenur mengatakan, semua Perangkat Daerah atau Kepala...
Tomohon
11 Sep 2017 / dibaca 808 kali
TOMOHON (BK): Ketua Panitia Pelaksana HUT ke- 69 Jemaat GMIM Maranatha Paslaten, Jimmy F. Eman, SE. Ak mengatakan pihaknya akan membangun...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.