Tomohon

HUT RI di Sulut, Puncak Gunung Mahawu Lokasi Bentang Merah Putih 1250 Meter

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 10 August 2020 19:33   313 kali
Rapat awal kegiatan Gebyar Merah Putih dalam rangka HUT Republik Indonesia ke-75, di ruang rapat Yudha, Markas Komando Resimen Induk Kodam (Rindam) XIII/ Merdeka, Tomohon. (foto: Mayor Sus Michiko).
 
 
 
 
TOMOHON (BK) : Gunung Mahawu di Tomohon akan menjadi lokasi pembentangan bendera Merah Putih berukuran 1250 meter. Gunung dengan ketinggian 1324 mdpl terpilih saat rapat awal kegiatan Gebyar Merah Putih dalam rangka HUT Republik Indonesia ke-75, di ruang rapat Yudha, Markas Komando Resimen Induk Kodam (Rindam) XIII/ Merdeka, Tomohon, Senin (10/8/2020).
 
 
Rapat dipimpin Komandan Rindam XIII/ Merdeka, Kolonel Inf Samuel Jefferson Aling, dengan didampingi Aspers Rindam XIII/ Merdeka. Sementara Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara Sam Ratulangi Kolonel Pnb Abram Tumanduk, mewakilkan kepada Kapentak Lanud Sam Ratulangi Mayor Sus Michiko Moningkey.
 
 
Pada rapat awal ini dibahas tentang draft rencana kegiatan Gebyar Merah Putih yaitu pembentangan bendera Merah Putih oleh 50 personil pengawal bendera berdasarkan perintah lisan Pangdam XIII/Merdeka. Juga dibahas pula tentang kegiatan Paragliding serta Hike and Fly Merah Putih.
 
 
Paparan pertama disampaikan oleh Hery Rumondor, Pengurus Pusat Paralayang Indonesia (Pengprov Paralayang Sulawesi Utara). Kemudian diikuti oleh Ketua Panitia Mayor Inf Torang Malau, yang sehari-harinya menjabat sebagai Kepala Tim Pelatih Rindam XIII/ Merdeka.
 
 
Mayor Inf Torang Malau, pada pemaparannya mengungkapkan, usai pembentangan bendera Merah Putih di puncak Gunung Mahawu, akan dilanjutkan dengan mengucapkan seruan ‘Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-75... Indonesia maju’. Seruan ini akan diucapkan secara serentak bersama-sama, dengan tangan kanan mengepal di sebelah kanan kepala.
 
 
“Kegiatan ini dilaksanakan setelah sebanyak 35 pilot Paragliding Sulut dan Nasional telah mendarat dengan aman di lapangan rumput di dalam lingkungan area Markas Komando Rindam XIII/ Merdeka,” ujar Malau.
 
 
Sementara itu, Danrindam XIII/ Merdeka, Kolonel Inf Samuel Aling di awal rapat mengatakan perayaan HUT RI ke-75 tahun 2020 adalah hari bersejarah bagi bangsa dan negara Indonesia. Pasalnya perayaan tahun ini diselenggarakan dalam suasana keprihatinan nasional karena wabah Covid-19 yang melanda masyarakat dunia dan Indonesia pada khususnya.
 
 
“Meski begitu, suasana kesatuan dan persatuan serta semangat juang dan kebangsaan tetap harus dijaga. Tanpa mengabaikan kewaspadaan nasional terhadap masalah pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih terus melanda negara kita,” ungkapnya.
 
 
“Untuk memupuk semangat persatuan dan kesatuan bangsa, kita pelihara semangat juang dan kebangsaan dengan penyelenggaraan kegiatan Gebyar Merah Putih. Di Sulut, wilayah Tomohon menjadi lokasinya,” tambah Kolonel Inf Aling.
 
 
Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara Sam Ratulangi, Kolonel Pnb Abram Tumanduk, yang juga sebagai Ketua FASI Sulut, menitipkan petunjuknya melalui Kadisops Lanud Sam Ratulangi, Letkol Lek Marshal Lasut, agar pihak panitia tidak mengabaikan pentingnya surat pemberitahuan kepada Lanud Sam Ratulangi serta pihak Otoritas Bandara Sam Ratulangi.
 
 
“Walaupun trafiknya sudah ada. Hal ini penting mengingat diperlukannya NOTAM di wilayah udara Sulut bagi kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan kegiatan ini,” terang Letkol Lek Lasut.
 
 
Rencananya, gladi secara keseluruhan dilaksanakan 16 Agustus mendatang. Semua unsur yang terlibat, baik di Gunung Mahawu maupun di Lapangan hijau Mako Rindam XIII/ Merdeka Tomohon untuk mengikuti gladi tersebut.
 
 
Hadir dalam rapat koordinasi ini, staf Pengamanan Kodam XIII/ Merdeka, Logistik, Kesehatan, Perhubungan, Penerangan, Perbekalan dan Angkutan serta dari Kodim Tomohon. (Pentak Lanudsri)
 
 
(acha/bk-8)
 
Komentar ()
Berita Tomohon
Tomohon
23 Apr 2018 / dibaca 1848 kali
TOMOHON (BK) : Sebanyak 183 orang mengikuti Pendidikan Calon Tamtama (Catam) Gelombang I Tahun Anggaran 2018. Mereka berjuang untuk meraih...
Tomohon
23 Jan 2018 / dibaca 1004 kali
MANADO (BK) : Gunung Api Lokon di Kota Tomohon terus mengalami peningkatan aktivitas. Kegempaan vulkanik yang terekam seismograf menunjukkan...
Tomohon
14 Sep 2017 / dibaca 1011 kali
TOMOHON (BK): Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon menggelar sosialisasi wawasan kebangsaan, peningkatan kesadaran masyarakat akan nilai-nilai...
Tomohon
14 Sep 2017 / dibaca 1319 kali
TOMOHON (BK): Pemerimtah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Dinas Pekerjaan Umum akan membangun jalan baru  yaitu ruas jalan lingkar barat...
Tomohon
13 Sep 2017 / dibaca 1190 kali
JAKARTA (BK): Asisten Umum Pemerintah Kota Tomohon, Novi Politon SE mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Data Terpadu 2017...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.