Tomohon

Lurah Wajib Lapor Orang Asing dan Pendatang

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 15 June 2017 00:52   119 kali

TOMOHON (BK): Wali Kota Tomohon Jimmy F. Eman, SE. Ak membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora), di Alamanda Resort Tomohon Kakaskasen Dua Tomohon Utara, Rabu (14/6/2017).

 

Wali Kota dalam sambutannya mengapresiasi kepada kantor Imigrasi Kelas 1 Manado yang telah memfasilitasi kegiatan, yang pertama di Sulawesi Utara.

 

"Di Kota Tomohon ada 17 orang asing yang tinggal dengan masyarakat sesuai data dari pihak imigrasi," ujar Wali Kota.

 

Menurutnya, keterbukaan saat ini bukan hanya sebatas orang, barang dan jasa yang bisa masuk, tetapi masuknya paham/ideologi yang tidak sesuai dengan ideologi negara kita. "Ini yang harus diwaspadai.

 

"Dengan keterbukaan ini diharapkan pihak dapat melakukan pengawasan terhadap orang asing sesuai dengan Undang-undang 6 tahun 2011 tentang keimigrasian khusus pasal 69 ayat 1. Pelaksanaan pengawasan orang asing harus terkoordinir dengan baik yang melibatkan berbagai pihak," tutur Wali Kota JFE.

 

Pihak yang dilibatkan Pemkot Tomohon adalah Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forkopimda yang hingga saat ini selalu bersinergi dalam menjaga keamanan.

 

"Saya mengharapkan pemerintah Kecamatan dan Kelurahan serta linmas harus melaksanakan pengawasan rutin dengan mengunjungi langsung ke rumah-rumah warga, kost, penginapan, untuk mendata keberadaan warga maupun warga pendatang," tegas Eman.

 

Menurutnya melalui rapat ini semua Lurah dapat memberikan masukan dan laporan serta informasi keberadaan orang asing kepada pemerintah Kota Tomohon, Forkopimda dan Imigrasi.

 

Tampak hadir Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Manado diwakili Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Perwira Hasibuan bersama staf kantor imigrasi, Mayor Supriyono mewakili Danlamantal VIII, Plh Danramil Kota Tomohon Pelda Denny L Paila, Kasat Intel Polres Kota Tomohon AKP Killion Landangkasiang , Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Tomohon Dra Truusje Kaunang, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Jusak Pandeirot SPd MM, serta para Camat dan Lurah se Kota Tomohon.

 

(karlie/bk-1)

Komentar ()
Berita Tomohon
Tomohon
14 Aug 2017 / dibaca 56 kali
TOMOHON (BK): Sedikitnya 30 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon mengikuti pendidikan dan latihan...
Tomohon
14 Aug 2017 / dibaca 54 kali
TOMOHON (BK): Kendaraan hias milik Lippo grup meraih The Best Branding Tomohon Internasional Flower Festival (TIFF) 2017 yang diselenggarakan...
Tomohon
14 Aug 2017 / dibaca 50 kali
TOMOHON (BK) : Banyak kemajuan yang terjadi dalam kegiatan Tomohon Internasional Flower Festival (TIFF) tahun 2017, karena adanya dukungan...
Tomohon
14 Aug 2017 / dibaca 55 kali
TOMOHON (BK):   Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kota Tomohon mengadakan lomba cipta menu berbasis pangan lokal yang merupakan salah satu...
Tomohon
14 Aug 2017 / dibaca 53 kali
TOMOHON (BK):   Sedikitnya 1.023 rumah di Kota Tomohon akan menikmati sambungan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Proyek...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2017 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.