Tomohon

Pejabat Eselon II, III Pemkot Ikut Assesment Test

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 11 June 2016 09:39   813 kali

TOMOHON (BK): Sejumlah pejabat eselon II dan III di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon mengikuti assesment test (tes proses pengumpulan informasi mengenai seseorang yang mencakup kualitas dan kuantitasnya), di Lantai III Kantor Sekretariat Pemkot Tomohon, Jumat (10/6/2016).

Tes yang diikuti kepala bagian dan kepala kecamatan dilakukan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) IX Manado. Para assessor (penguji) adalah DR. Deetje J. Solang, M.Si, DR. Max G. Ruindungan, M.Pd, Drs. Jansen Mawikere, M.Psi.

Kepala Badan Kepegawaian Negara Regional IX Manado English Nainggolan, SH.MH mengatakan assessment test merupakan bagian upaya mengetahui kemampuan diri dengan tujuan mendapatkan pejabat yang tepat sesuai kompetensinya.

"Pelaksanaan Assesment sesuai amanat Undang-Undang dimana jabatan yang belum terisi dapat dilakukan seleksi terbuka. Sedangkan yang sementara menempati jabatan wajib mengikuti uji kemampuan dan kompetensi masa berlaku selama dua tahun," jelas Nainggolan.

Sementara, sambung Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Tomohon,  Masna J. Pioh, S.Sos, pelaksanaan kegiatan tersebut sebagai wujud pengukuran sumber daya manusia, kompetensi personal pejabat pimpinan tinggi pratama dan pejabat administrator.

“Selain itu mengukur perilaku dan kemampuan dalam melaksanakan tanggung jawab jabatan untuk mendapatkan integritas dan profesionalitas,” papar dia.

Sementara itu, Asisten II Setdakot, Ronny Lumowa salah satu peserta mengatakan, pelaksanaan tes dilakukan selama 3,5 jam sesuai waktu yang diberikan pelaksana.

"Ketenangan dan konsentrasi merupakan kunci mengikuti tes," ujar Lumowa.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak mengungkapkan terima kasih kepada pejabat dan pejabat dari luar Tomohon yang bisa mengikuti Assessment Center.

"Assesment yang dilakukan Pemkot Tomohon merupakan yang pertama kali  di Sulawesi Utara. Selain itu kompetensi ini akan mengukur level kemampuan individu, sehingga mampu melaksanakan kemampuan kinerja," tukas Eman saat membawakan sambutan.

Wali Kota Eman menambahkan, hasil assessment center ini merupakan salah satu prasyarat ASN untuk mengikuti Open Bidding (Lelang terbuka) jabatan pimpinan tinggi baik pemerintah Kota/kabupaten, maupun Provinsi Sulawesi Utara bahkan di seluruh Indonesia.

(karlie/bk-1)

 

 

 

Komentar ()
Berita Tomohon
Tomohon
06 Sep 2017 / dibaca 523 kali
TOMOHON (BK): Asisten Kesra Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon, Dra Truusje Kaunang mengatakan, pengadaan barang dan jasa pemerintah harus...
Tomohon
05 Sep 2017 / dibaca 511 kali
TOMOHON (BK): Badan Kesatuan Bangsa & Politik Kota Tomohon melaksanakan Sosialisasi Bantuan Keuangan Partai Politik di Kantor Badan...
Tomohon
05 Sep 2017 / dibaca 557 kali
TOMOHON (BK):   Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon, Tomohon Youddy Y. Y. Moningka, SIP melaksanakan reses...
Tomohon
04 Sep 2017 / dibaca 436 kali
TOMOHON (BK):   Sedikitnya 3 ribu bidang tanah akan mendapat Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) dari Badan Pertanahan Nasional (BPN)...
Tomohon
04 Sep 2017 / dibaca 460 kali
TOMOHON (BK): Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon siap menggelar gebyar pelunasan tuntutan ganti rugi (TGR) menindaklanjuti hasil pemeriksaan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.