Tomohon

Tomohon Ikut Sapi Indukan Wajib Bunting

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 18 April 2017 21:02   131 kali

TOMOHON (BK): Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Dinas Pertanian dan Perikanan mendata ternak sapi untuk ikut Sapi Indukan Wajib Bunting 2017 yang merupakan program Kementerian Pertanian.

 

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Ir. Vonny Pontoh kepada wartawan, di Tomohon, Selasa (18/4/2017).

 

"Saat ini Dinas Pertanian dan Perikanan melalui Bidang Pertanakan mulai melakukan pendataan ternak sapi yang akan dilakukan Upsus Siwab," jelas Pontoh.

 

Ia menambahkan, Tomohon juga dipercayakan Provinsi Sulawesi Utara sebagai tempat pelaksanaan pelatihan tenaga inseminasi.

 

Sementara itu, Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon drh. John Karundeng menjelaskan, secara nasional target induk sapi bunting mencapai 3 juta induk sapi, Provinsi Sulut 26.940 apsektor (sapi).

 

"Kota Tomohon ditargetkan ada 450 ekor induk sapi wajib bunting," papar Karundeng. Untuk menunjang program tersebut, dinas sementara mendata di setiap Kelurahan. "Bagi pemilik sapi betina yang akan ikut program Upsus Siwab diberikan pemeriksaan gratis ternak sapi," ujar drh. John Karundeng.

 

Ia merincikan, program Upsus Siwab terdiri dari, penetapan status reproduksi oleh dokter hewan, Status fisik hewan untuk peningkatan postur hewan dengan vitamin, Inseminasi buatan melalui kawin suntik, peneriksaan kebuntingan, Penangan ganggunan reproduksi dan Pengawas pemotongan sapi betina produktif bekerja sama dengan polisi.

 

"Sesuai data yang diperoleh dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon sudah ada 175 induk sapi betina yang terdaftar. Untuk jumlah 450 induk sapi betina dapat tercapai, melalui kerjasama dengan Kelompok ternak maupun individu pemilik sapi betina," tukas Karundeng.

 

(karlie/bk-1)

Komentar ()
Berita Tomohon
Tomohon
14 Jun 2017 / dibaca 37 kali
TOMOHON(BK): Wali Kota Tomohon Jimmy F. Eman, SE. Ak dan Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan menghadiri Rapat Forum Kerukunan Umat...
Tomohon
14 Jun 2017 / dibaca 58 kali
TOMOHON (BK): Dasar pergeseran anggaran dapat dilakukan apabila terjadi kekeliruan/perubahan yang telah ditetapkan dalam DPA PPKAD dan/atau...
Tomohon
14 Jun 2017 / dibaca 51 kali
TOMOHON (BK): Wali Kota Jimmy F. Eman, SE. Ak mengatakan, Pemerintah Kota akan terus meningkatkan pengelolaan keuangan sesuai harapan....
Tomohon
13 Jun 2017 / dibaca 54 kali
TOMOHON (BK): Pemerintah Kota Tomohon akan mengundang Presiden Jokowi untuk menghadiri iven Tomohon Internasional Flower Festival (TIFF) yang...
Tomohon
12 Jun 2017 / dibaca 84 kali
TOMOHON (BK):   Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI melalui Kantor Perwakilan Sulawesi Utara memberikan penghargaan predikat Opini Wajar...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2017 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.