Editorial
Kekalahan Jerman atas Italia Perkuat Fakta Sejarah Berpengaruh Pada Hasil Pertandingan
Catatan: Isa A Jusuf
 
KEKALAHAN tim nasional Jerman atas Italia pada semifinal Euro 2012, Jumat dini hari tadi dengan skor 2-1, semakin menahbiskan jika faktor sejarah dalam dunia sepakbola masih belum bisa dikesempingkan alias masih sangat berpengaruh atas hasil yang akan terjadi di lapangan.
 
Setidaknya ini terlihat jelas ketika Jerman yang diunggulkan akan mengkandaskan Italia dengan mudah, karena menilik rekor pertandingan di Euro yang sangat impresif, akhirnya terhempas oleh dua gol milik Mario Balotelli di menit ke 20 dan menit ke 36 ini.
 
Jerman yang disebut-sebut akan menjadi pesaing Spanyol pada final Piala Eropa yang akan dihelat Senin 1 Juli dini hari mendatang, tampak loyo ketika berhadapan dengan Italia yang tampil menguasai lini tengah dengan punggawa seperti Andrea Pirlo dan Riccardo Montolivo serta Antonio Cassano.
 
Kolektivitas der Panzer muda, semisal Tonni Kroos, Mezut Oezil dan Sami Khedira, selama 4 pertandingan di Euro sebelumnya yang selalu membuahkan hasil, tak bisa mengimbangi pengalaman milik Andrea Pirlo dan Daniele De Rossi di lini tengah Italia.
 
Bahkan, nama-nama yang disebut membela Jerman diatas, tampak kebingungan dengan permainan lini tengah Italia yang dibantu oleh duo pemain AC Milan Antonio Cassano yang sering turun ke tengah serta Riccardo Montolivo yang kebagian menjadi jembatan penghubung antara lini depan dan pertahanan Italia, sehingga selalu tercecer dalam penguasaan bola.
 
Bahkan Montolivo yang musim depan sudah berseragam merah hitam milik AC Milan ini, tercatat membuat intercept yang sangat banyak yakni 5 kali atas umpan-umpan yang dilepaskan oleh Oezil dan Khedira. Sontak, permainan Jerman pun menjadi amburadul, karena otak permainan Jerman memang ada pada Oezil dan Khedira.
 
Sementara, untuk faktor sejarahnya, nama Andrea Pirlo, Giorgio Chellini, Gianluigi Buffon dan Danielle De Rossi juga masuk dalam sejarah tersebut. Apa sebab? keempat nama ini merupakan punggawa tim nasional Italia yang pada tahun 2006 membela Italia ketika membabat Jerman di semifinal Piala Dunia 2006. Keempat nama ini masuk dalam skuad yang mengalahkan tim nasional Jerman yang kala itu dilatih oleh Juergen Klinsman. Lagi-lagi kala itu, Italia sama sekali tidak dijagokan ketika menghadapi Jerman yang bermain di kandang sendiri di Dortmund.

(***)
Komentar ()
Berita Lainnya
Profil Perusahaan | © 2011 - 2023 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.