Editorial
Mitra Mencari Pemimpin Baru

GENDERANG pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) Kabupaten Minahasa Tenggara resmi dimulai Rabu (27/3/2013) setelah lima pasangan calon bupati dan calon wakil bupati mendaftar di Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat.

Mereka adalah calon bupati Jeremia Damongilala - cawabup Sonny Tarumingi (diusung gabungan parpol), Telly Tjanggulung - Moody Rondonuwu (Partai Golkar), James Sumendap - Ronal Kandoli (PDIP), Mecky Tumbelaka - Meidy Munaische (gabungan parpol), Happy Rumbai - Jos Waas (independen) merupakan pendaftar terakhir.

Dua incumbent ikut bertarung kembali pada pemilukada kali ini. Namun keduanya tidak lagi menyatuh akan tetapi pecah kongsi. Tjanggulung dan Damongilala merupakan kandidat bupati yang sedang memegang jabatan bupati dan wakil bupati hingga September 2013 mendatang.

Pada pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) lalu, Tjanggulung dan Damongilala diusung Partai Golkar berhasil memenangkan pesta demokrasi di Mitra. Namun pada pemilukada kali ini, keduanya pecah kongsi.

Asal tahu saja, Cawabup Sonny Tarumingi adalah putra Mitra yang berlatarbelakang pengusaha, Moody Rondonuwu, Kepala Bappeda Mitra, James Sumendap (anggota DPRD Sulut), Ronal Kandoli (anggota FPG DPRD Mitra), Mecky Tumbelaka (pengusaha), Meidy Munaische (dosen Unima), Happi Rumbai dan Jos Waas, pengusaha.

Masyarakat Mitra berharap dalam tahapan kampanye hingga pencoblosan situasi keamanan bisa berlangsung aman dan tertib. Perbedaan pilihan adalah hal biasa dalam berdemokrasi.

Satu hal yang harus dipegang para kandidat bahwa Kabupaten Mitra adalah milik bersama dan wajib dijaga keamanan. Jangan hanya beda pilihan daerah ini hancur. Semoga.

(patria)

 
 

Komentar ()
Berita Lainnya
Profil Perusahaan | © 2011 - 2023 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.