Info Media
Himbauan Pemkot Manado Dalam Rangka Adipura

Himbauan Pemerintah Kota / Walikota dan Wakil Walikota Manado dalam rangka persiapan Penilaian PI ADIPURA tahun 2011-2012 

 
 Kota Manado Kategori Kota Besar. 
 
Untuk tahun ini Kota Manado masuk dalam penilaian Kategori Kota Besar Program ADIPURA yang dilaksanakan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup RI. Kota Besar yang akan di nilai berjumlah 14 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. 
 
Kota Manado telah 5 (lima) kali meraih penghargaan Anugerah Adipura. Dan saat ini selain dalam tahapan persiapan penilaian I untuk kategori Kota Besar juga diperhadapkan untuk meraih Penghargaan Adipura Kencana. 
 
Hal-hal yang harus diperhatikan dan ditingkatkan oleh Pemerintah Kota dan seluruh warga Kota Manado untuk persiapan penilaian pemantauan pertama adalah sebagai berikut:
 
1. Peran serta/partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan perkotaan, seperti:
 
Membuang sampah secara terpilah, membuang sampah pada tempatnya dan tidak di sembarang tempat serta membuang sampah di TPS sesuai dengan waktunya yaitu mulai pukul 18.00-06.00 wita. 
 
Menjaga kebersihan di sekitar lingkungan tempat tinggal, kantor, sekolah, tempat usaha, tempat ibadah, dan dijalan-jalan.
Tidak membuang sampah di sungai, drainase/got, dan saluran terbuka lainnya melakukan proses pengolahan sampah organik seperti pengomposan pengolahan sampah anorganik dengan sistem 3R (Reuse, Recycle,Reduce) seperti memanfaatkan ban-ban bekas atau kaleng-kaleng bekas menjadi pot-pot bunga, pemanfaatan botol-botol plastik bekas, sisa-sisa kemasan plastik bekas menjadi barang-barang yang dapat digunakan kembali seperti tas, tempat tissue, taplak meja, payung, dan barang-barang yang bisa bernilai ekonomis jika dijual kembali.
 
Menjaga dan memelihara pohon-pohon dan tanaman-tanaman penghijauan dan bersama-sama dengan pemerintah melaksanakan program sentuh tanah dengan melakukan penanaman pohon-pohon atau tanaman penghijauan di halaman-halaman atau space-space kosong di sekitar rumah, kantor, sekolah, tempat ibadah, tempat usaha maupun di jalan-jalan. 
 
Menempatkan sejumlah tempat-tempat sampah terpilah dan pot-pot bunga tanaman penghijauan di lokasi tempat usaha bagi para pelaku usaha di Kota Manado
 
Menanamkan sejak dini pada anak-anak untuk selalu membuang sampah secara terpilah, mengurangi sampah plastik, dan mencintai tanaman hijau dengan selalu menanam pohon,
 
Menjaga dan memelihara fasilitas publik yang sudah disediakan oleh pemerintah seperti tempat sampah, TPS, pot-pot bunga dan trotoar.
 
 
2. Selain peran serta/partisipasi masyarakat Penilaian ADIPURA untuk Kategori Kota Besar sudah semakin ketat dimana untuk penghijauan kota, bukan hanya dinilai pada jumlah dan fungsi pohon/ tanaman penghijauan namun sudah menilai estetika kotanya, dimana taman-taman atau median jalan yang ada dinilai penataannya, hijau, sejuk, dan keindahannya.
 
 
3. Penilaian ADIPURA Kategori Kota besar juga menilai Kualitas Air dengan menilai kualitas air sungai dan air sumur dan juga Kualitas Udara dengan uji emisi gas buang kendaraan bermotor dan uji ambient udara di Kota Manado. 
 
 
4. Sangat besar tanggung jawab serta Peran segenap Jajaran Pemerintahan Kota Manado khususnya Camat dan Lurah serta Kepala Lingkungan sebagai ujung tombak dalam menggerakkan masyarakat dalam penataan kebersihan dan penataan tata ruang kota dalam hal ini penataan estetika kota sehingga para pengunjung yang melaksanakan kunjungan wisata di Kota Manado akan lebih meningkatkan kunjungan ke Kota Manado dan mengajak serta teman, kerabat bahkan keluarga untuk menikmati Kota Manado dengan berbagai potensi wisata alam, wisata budaya, dan lain sebagainya.
 
 
5. Komitmen Pemerintah Kota untuk sukses mempertahankan Penghargaan Anugerah ADIPURA adalah : Komitmen, Koordinasi, Mobilisasi dan Kontinuitas.
 
sumber : Bagian Humas dan Protokol, 17 Sept'11
Komentar ()
Berita Lainnya
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.