Opini
Berusaha Membuat Kota Manado Semakin Nyaman

Ini bukan yang pertama. Karena, sejak lama Kota Manado kerap banjir jika hujan turun. Ini  juga bukan yang terakhir, karena upaya pencegahan banjir juga belum tampak maksimal. Bahkan, ada kecenderungan, banjir yang menggenangi jalanan, pusat bisnis dan berbagai tempat di kota ini semakin meninggi setiap tahun. Bagaimana Kota Manado akan menjadi Kota Model Ekowisata jika hal yang tersebut diatas masih terjadi.

Warga Manado pun semakin tak nyaman. Ternyata ancaman itu tidak hanya datang dari genangan air hujan yang menyatu dengan air comberan dan membuat semrawut Kota Manado, saat hujan banyaknya pohon tumbang, menjadi ancaman baru bagi warga Manado.

Terakhir (18/10), hujan yang disertai angin kencang menyebabkan genangan air di sejumlah lokasi di Kota Manado. Dijalan protokol tergenang air. Sejumlah pohon tumbang, beruntung tidak ada korban jiwa.

Pastinya akan ada korban jika tidak ada keseriusan dari Pemerintah Kota Manado. Apalagi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengingatkan, hujan deras yang disertai angin kencang akan mendera daerah Sulawesi utara, hingga akhir januari 2013 mendatang.

Memang, selama ini Pemkot Manado melalui beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) nya telah melakukan berbagai upaya. Termasuk perbaikan drainase di sejumlah lokasi. Serta melakukan pemangkasan pohon di sejumlah ruas jalan. Bahkan saat pohon tumbang di jalan Samrat Wakil Walikota Manado Harley Mangindaan sempat bersama-sama dengan petugas membersihkan sisa-sisa pohon tumbang.

Namun, sayangnya, kemampuan drainase yang diperbaiki  tersebut untuk membuang air, tidak sebanding dengan banyaknya hujan yang turun. Begitu juga dengan pohon yang dipangkas, tidak sekuat angin yang menerpa. Akibatnya, Kota Manado masih digenangi air dan pohon tumbang masih saja terjadi.

Hujan dan angin kencang memang fenomena alam. Namun, bukan berarti hal itu menjadi alasan untuk membiarkan Kota Manado menjadi kota yang tak indah jika hujan datang. Tuntutan warga agar Pemkot Manado lebih serius menangani banjir, pohon tumbang, pun menjadi kewajaran.

Sejatinya, diperlukan evaluasi dan penelitian secara menyeluruh terhadap segala potensi yang dapat menimbulkan kejadian yang tidak kita inginkan bersama. Seperti potensi banjir dan pohon tumbang.

Dan ketegasan Pemkot Manado untuk mengeksekusinya sehingga Kota Manado menjadi semakin nyaman, menyingkirkan pohon yang terlihat berbahaya, serta memperbaiki kembali drainase dan harus dengan hitungan pasti agar jika hujan tidak lagi banjir. Bravo Kota Manado semoga lebih baik.

(BK3)
 

Komentar ()
Berita Lainnya
Profil Perusahaan | © 2011 - 2023 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.