Opini
Harapan Kami Pada Pers Dalam Rangka Hari Pers Nasional 9 Febuari 2012

Almarhum Mahbub Djunaedi (tokoh pers pejuang) selalu menyebut pers itu salah satu PILAR DEMOKRASI. Pengaruh pers/media terutama media TV sangat besar terhadap pembentukan opini.Kita telah mendapat pelajaran pahit atas terpilihnya Presiden yg sekarang, antara lain karena pembentukan opini/ citra oleh media. Kita harus mengakui secara fair bahwa media ikut bertanggung jawab atas carut marut/amburadul bangsa seperti sekarang, antara lain karena media ikut berperan mempromosikan capres yg tdk dibedah track recordnya secara kritis. Kedepan kita berharap media lbh fair dlm "mempromosi" calon Pemimpin/Presiden, sekalipun mereka orang yg difavoritkan oleh partainya dan memiliki dana tak terbatas.

 

Media harus membedah tuntas track record capres2 yang muncul dalam hal : Moralitas/kredibilitas/integritasnya(terlibat korupsi,punya kasus-kasus kejahatan terhadap negara dan kemanusiaan dll),kapasitas/kapabiltas,apakah orang tsb antek kapitalis hitam/antek asing dll. Jangan sampai media terlibat menjual "MUSANG BERBULU DOMBA". Demi bangsa ini bila perlu semua media melakukan pooling terbuka siapa sesungguhnya yg diinginkan rakyat dan bila perlu semua media melakukan analisis SWOT secara fair tentang PRESIDEN yg diinginkan rakyat.

 

Sembari membenahi SISTEM KENEGARAAN (melalui konstitusi/UU) maka terobosan PERTAMA bangsa ini harus SEGERA menemukan PEMIMPIN SESUNGGUHNYA, paling tdk seperti Brazil menemukan Lula da Silva, anak miskin pedagang asongan/tukang semir sepatu di Sao Paulo yg sukses mengangkat derajat bangsa/rakyatnya. Salah satu caranya tentu dengan PERANAN PERS YG BERMORAL DAN BERTANGGUNG JAWAB PADA BANGSANYA.

 

(Ini mungkin cuma himbauan moral yg akan berlalu seperti angin karena kita juga paham siapa mahluk dibalik media nasional.Ampun Kasihanilah rakyat ini Tuan).

 

Selamat Hari Pers Nasional

 

M.Hatta Taliwang

 

Komentar ()
Berita Lainnya
Profil Perusahaan | © 2011 - 2023 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.