Opini
Manado Lepaskan Bunaken

Oleh: Jackson Kumaat

 

Kemungkinan, dalam waktu tak lama lagi, wilayah Kepulauan Bunaken akan memisahkan diri dari wilayah pemerintahan kota Manado Sulawesi Utara (Sulut). Rencana ini merupakan bagian dari kerja kalangan anggota DPRD Kota Manado.

Menurut kalangan Anggota Dewan Yang Terhormat, pemekaran Bunaken dari Kotamadya Manado dilakukan karena adanya ketimpangan pembangunan di wilayah Bunaken dan tiga kecamatan lainnya yang sangat tidak merata dibandingkan kecamatan lain di Kota Manado. Wilayah Bunaken yang merupakan daerah taman nasional laut, dianggap seperti daerah tertinggal.

Jika nantinya Kecamatan Bunaken (saat ini) menjadi dua kecamatan baru, maka wilayah Bunaken sudah memenuhi syarat menjadi sebuah kabupaten. Ini karena Bunaken telah memiliki lima kecamatan untuk wilayah teritorial yang memisahkan diri dari Kota Manado sebagai daerah induk.

Memang ada wacana, Pulau Bunaken itu sudah saatnya mempunyai bandar udara sendiri. Selain terdapat taman laut nasional, Bunaken sudah memiliki daerah ekonomi yang cukup besar dan jumlah penduduk yang sangat padat.

Namun, menurut saya, persoalannya bukan hanya itu. Bunaken sebagai lokasi taman laut nasional, harus mendapat perhatian serius dari pemerintah dan berbagai kalangan. Persoalan pemekaran wilayah Kabupaten Bunaken tersebut tak dapat dilihat semata-mata dari sudut ekonomi. Bunaken sebagai aset taman laut nasional, harus membenahi diri dalam memelihara dan melestarikan flora dan fauna di wilayah tersebut.

Nah, inilah tugas kita semua, khususnya pecinta lingkungan hidup dan wisatawan nusantara. Jika nantinya Bunaken sudah resmi menjadi sebuah kabupaten baru, maka perlu kita perhatikan kelestariannya. Dengan adanya sikap memiliki keindahan terumbu karang Bunaken, maka tentunya, ini menjadi modal penting bagi siapapun yang mengunjungi Bunaken untuk merawatnya.

 

Komentar ()
Berita Lainnya
Profil Perusahaan | © 2011 - 2023 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.