Opini
MATERNAL VACCINATION

Mengapa wanita yang merencanakan kehamilan dan yang sedang hamil harus mendapatkan Vaksinasi.

Pertimbangan: Vaksin yang anda dapatkan sebelum dan selama kehamilan tidak hanya berperan penting dalam melindungi kesehatan anda, tetapi juga menjaga kesehatan bayi anda. Imunitas anda adalah garis pertahanan pertama bayi anda terhadap penyakit serius tertentu. Jadi jika anda sedang hamil atau merencanakan kehamilan, sekaranglah waktunya untuk memastikan vaksinasi anda sudah “up to date”.

Vaksin apa yang harus anda dapatkan sebelum kehamilan?

Infeksi tertentu yang dapat dicegah bisa berbahaya selama kehamilan. Itulah mengapa Anda harus meminta tes darah selama pemeriksaan pra-kehamilan untuk mengetahui apakah Anda kebal terhadap penyakit ini. Jika tidak, Anda harus divaksinasi sebelum hamil. Pastikan untuk menunda kehamilan selama satu bulan karena suntikan ini terbuat dari virus hidup yang bisa membahayakan bayi Anda. Vaksin Campak, Mumps dan Rubela Campak (MMR). Campak, penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh virus, terutama di negara berkembang. Campak mulai dengan demam, batuk dan pilek dan diikuti oleh ruam merah yang terlihat beberapa hari kemudian. Mumps atau Gondongan juga merupakan penyakit virus menular yang menyebabkan kelenjar ludah membengkak. Jika Anda terinfeksi pada kehamilan, risiko keguguran dapat meningkat (campak juga dapat meningkatkan kemungkinan persalinan prematur). Virus rubella, yang juga disebut campak Jerman, menunjukkan gejala mirip flu yang sering diikuti ruam. Hal ini dapat berbahaya selama kehamilan: Hingga 85 persen bayi dari ibu yang mengontraknya selama trimester pertama mengalami cacat lahir yang serius, seperti gangguan pendengaran dan cacat intelektual. Vaksin Cacar Air. Penyakit yang sangat menular, cacar air menyebabkan demam dan ruam gatal yang tidak nyaman. Sekitar 2 % bayi dari wanita yang menderita cacar air selama trimester pertama kehamilan dapat mengalami cacat lahi. Terlebih lagi, seorang wanita yang menderita cacar air pada saat persalinan juga bisa menularkan secara langsung pada bayinya.

Vaksin apa yang aman selama kehamilan?

Di Indonesia vaksinasi TT (Tetanus Toxoid) rutin diberikan pada saat hamil. Tetanus adalah penyakit sistem saraf pusat yang menyebabkan kejang. Bakteri yang menyebabkan tetanus dapat ditemukan di tanah dan kotoran hewan. Ini bisa masuk ke aliran darah melalui luka terbuka di kulit, jadi segera ke dokter anda jika anda mengalami luka yang dalam yang berbuka atau kotor. Jika tertular selama kehamilan, tetanus bisa menyebabkan kematian janin.

Apa vaksin lain yang harus anda pertimbangkan sebelum kehamilan?

Vaksin Hepatitis B sebaiknya diberikan sebelum hamil, dan jika anda seorang petugas kesehatan atau anda tinggal dengan seseorang yang menderita penyakit ini, pertimbangkan vaksinasi. Hepatitis B adalah infeksi virus yang menyebabkan peradangan hati, mual, kelelahan, dan ikterus (menguningnya kulit dan mata). Dalam beberapa kasus, bisa menyebabkan penyakit hati kronis, kanker hati, dan kematian. Seorang wanita hamil dengan hepatitis B dapat menyebarkan infeksi ke bayinya saat melahirkan, dan tanpa perawatan segera, bayi memiliki risiko tinggi tertular penyakit hati yang serius seperti orang dewasa. CDC merekomendasikan agar semua wanita hamil diskrining hepatitis B karena mungkin memilikinya tanpa mengetahui. Vaksin Hepatitis A. Vaksin ini melindungi terhadap penyakit hati yang menyebar melalui makanan atau air yang terkontaminasi. Gejalanya meliputi demam, kelelahan, dan mual. Dalam kasus yang jarang terjadi, hepatitis A dapat menyebabkan persalinan prematur dan infeksi pada bayi baru lahir.

Apa Vaksin yang Harus Anda Mendapat Post-Kehamilan?

Sekarang saatnya untuk mengejar vaksin yang mungkin tidak Anda dapatkan selama kehamilan atau sebelum hamil, seperti vaksin MMR dan cacar air. Ibu yang sedang menyusui bisa divaksinasi sesuai jadwal vaksinasi orang dewasa normal. Semoga informasi ini bisa lebih menambah wawasan wanita yang sedang merencanakan kehamilan atau yang sedang hamil.

 

 

Sumber : dr. Yulita Runtuwene, SpOG

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan

Siloam Hospitals Manado

Komentar ()
Berita Lainnya
Profil Perusahaan | © 2011 - 2023 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.