Bitung

Dandim 1310/Bitung Ajak Siswa Jadi Pelopor Hukum dan Generasi Muda Berdasarkan Pancasila

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 10 June 2021 10:04   106 kali
BITUNG (BK) : Kodim 1310/Bitung dan Polres Bitung memberikan penyuluhan hukum kepada guru-guru pembina OSIS dan Ketua OSIS SMP, SMA/SMK se-Kota Bitung di Ruang Rapat Lantai IV, Kantor Walikota Bitung, Selasa (8/6/2021). Sasaran penyuluhan ini adalah tentang keselamatan berlalulintas dan kenakalan remaja/anak muda.
 
Penyuluhan hukum ini merupakan bagian dari kegiatan Sosialisasi Keselamatan Berlalulintas dan Kenakalan Remaja/Anak Muda yang digelar Pemerintah Kota Bitung, Polres Bitung dan Kodim 1310/Bitung, untuk memberikan pemahaman dan memperkuat mental dari generasi muda terutama remaja dan kalangan peserta didik untuk bisa bertahan dari pengaruh negatif.
 
Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Benny Lesmana pada kesempatan itu mengatakan, saat ini di Kota Bitung mulai meningkat akan maraknya kriminalitas yang dilakukan masyarakat usia tua dan generasi muda. Untuk itu ia berharap Pembina dan Pengurus OSIS menyikapi terkait keinginan Pemkot Bitung memutus masalah hukum yang melibatkan generai muda.
 
"Kepada pengurus dan pembina OSIS di sekolah, agar mengingatkan dan memberi sanksi serta teguran keras kepada siswa yang kedapatan membawa sajam, melakukan tawuran dan tak disiplin berlalu lintas, termasuk mengkonsumsi miras dan perbuatan kriminal lainnya,” tegas Dandim.
 
Angka kriminal yang meningkat tersebut dikatakan Dandim, hal itu terjadi karena faktor eksternal yakni bisa dari lingkungan, sosial pergaulan, teknologi yang semakin maju dan budaya. Selain itu, juga karena kecanggihan teknologi.
 
Ia mengingatkan siswa jangan sampai kecanduan gadget atau handphone, karena ada efeknya. Generasi muda di Kota Bitung harus sering diorientasikan pendidikan berpancasila untuk membentuk karakter sejak usia dini berdasarkan Pancasila oleh para guru.
 
 
 
 
Keluarga juga dikatakannya menjadi peran penting untuk membina kualitas moral pada diri, khususnya remaja. Dimana peran orang tua yang sudah seharusnya lebih selektif untuk dapat membedakan mana yang positif dan mana yang negatif untuk perkembangan anaknya.
 
“Orang tua harus tahu karena itu sangat penting untuk perkembangan sang anak," tutup Dandim.
 
Penyuluhan Hukum ini juga menghadirkan Wakapolres Bitung Kompol Hendra Dorizen, Kasat Reskrim Polres Bitung AKP Frelly Sumampouw dan Kasatlantas Polres Bitung AKP Awaludin Puhi sebagai pemberi materi tentang kenakalan remaja, keselamatan berlalulintas.
 
Pemerintah Kota Bitung telah mengeluarkan surat edaran nomor 008/376/SEK tentang Kepeloporan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Bitung dalam Pembangunan Karakter Anak dan Antisipasi Aktivitas Berbahaya bagi anak usia sekolah yang ditindaklanjuti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung.
 
Salah satu dari isi edaran tersebut adalah terkait larangan penggunaan motor bagi siswa SD, SMP dan SMA/SMK yang belum memiliki surat izin mengemudi (SIM).
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Bitung
Bitung
02 Nov 2020 / dibaca 276 kali
Kasat Lantas Polres Bitung, AKP Awaludin Puhi memberikan masker gratis kepada seorang pengemudi mobil pada Operasi Zebra Samrat di Jalan Pierre...
Bitung
28 Oct 2020 / dibaca 288 kali
BITUNG (BK) : Operasi Zebra Samrat 2020 Polres Bitung di Patung Kuda, Jalan Raya Wolter Mongisidi Bitung berhasil menjaring 115 pelanggar,...
Bitung
17 Oct 2020 / dibaca 236 kali
BITUNG (BK) : Anda jangan coba-coba tidak menggunakan masker saat jalan-jalan di Kota Bitung. Ada sanksi sosial akan diberikan jika kedapatan...
Bitung
11 Oct 2020 / dibaca 476 kali
Bitung (BK) - Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia (DPC PIKI) Kota Bitung sukses menggelar  Konferensi Cabang...
Bitung
08 Oct 2020 / dibaca 494 kali
Bitung (BK) - Dalam rangka pelaksanaan persiapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara serta Walikota dan Wakil Walikota Bitung,...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.