Bolmut

Nelayan Bintauna Hilang Diterjang Badai Surigae

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 19 April 2021 20:22   338 kali
BOLMUT (BK) : Badai Siklon Tropis Surigae yang datang tiba-tiba menghantam perahu nelayan di perairan Bintauna, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut). Akibatnya, seorang nelayan dikabarkan hilang karena terjangannya.
 
Korban diketahui bernama Yuni Laiya (45), warga Desa Telaga, Kecamatan Bintauna, Kabupaten Bolmut. Informasi hilangnya nelayan ini diterima Basarnas Manado dari rekan korban bernama Yudas Kawa, Minggu (18/4/2021).
 
Yudas dalam keterangannya menuturkan, ia dan korban sama-sama melaut mencari ikan di perairan dekat desa mereka, sejak pagi. Namun, sore sekitar pukul 16.00 WITA, angin kencang bertiup disertai ombak besar menggulung.
 
“Korban memberitahukan untuk kembali pulang saja, tapi setelah itu saya tengok ke belakang korban sudah tidak ada di atas perahu,” ujar Yudas.
 
Ia mengatakan, korban kemungkinan terjatuh saat ombak besar menghantam perahu dari belakang. Tapi saat ia kembali untuk memberikan pertolongan, korban tidak muncul ke permukaan air.
 
“Saya lalu balik ke darat (desa) untuk meminta bantuan,” tutur Yudas.
 
 
 
Laporan ini kemudian ditindaklanjuti oleh Basarnas Manado dengan memerintahkan Koordinator Pos SAR Kotamobagu untuk melakukan pencarian korban secepatnya. Tim SAR Gabungan seperti, Basarnas, TNI, Polisi, BPBD dan masyarakat setempat langsung bergerak ke lokasi yang diperkirakan korban jatuh.
 
Tim SAR Gabungan lalu dikelompokkan untuk melaksanakan pencarian di laut dengan menggunakan perahu karet, serta darat dengan menyusuri pinggiran pantai menggunakan perahu katinting. Ini dimaksudkan untuk memperlebar lokasi pencarian sehingga diharapkan korban secepatnya ditemukan.
 
Namun hingga Senin (19/4/2021) dengan durasi pencarian telah lebih dari 12 jam, tapi korban belum ditemukan juga.
 
Kepala Kantor Basarnas Manado, Zuhri Sinaga dalam keterangan persnya mengatakan telah mengerahkan satu tim anggota Pos SAR Kotamobagu untuk berkoordinasi ke pemerintah setempat untuk melaksanakan pencarian korban. “Tentunya dengan tetap menjaga kekompakan tim agar korban cepat ditemukan,” ujarnya.
 
Lanjutnya, Siklon Tropis Surigae saat ini bisa membuat cuaca cepat berubah-ubah dari panas ke hujan dengan disertai angina kencang secara tiba-tiba. Ia berharap nelayan yang melaut agar mematuhi himbauan-himbauan pemerintah setempat terkait perkiraan cuaca.
 
“Dikarenakan saat ini telah terjadi badai Siklon Tropis Surigae yang melanda di wilayah Indonesia Timur, jadi semua nelayan agar berhati-hati pada saat melaut,” pungkas Sinaga.
 
(acha/bk-8)
 
Komentar ()
Berita Bolmut
Bolmut
05 Oct 2013 / dibaca 4259 kali
BOROKO (BK): Pengurus Partai Golkar Bolaang Mongondow Utara di bawah Ketua DPD Karel Bangko, SH berkomitmen memenangkan Golkar dan calon...
Bolmut
05 Sep 2013 / dibaca 3569 kali
BOROKO (BK): Potensi pesisir pantai sangat penting bagi masyarakat khususnya nelayan. Apabila tidak dirawat rentan abrasi pantai. Untuk itu,...
Bolmut
05 Sep 2013 / dibaca 3330 kali
BOROKO (BK): Gubernur Sulawesi Utara, Dr. Sinyo Harry Sarundajang melantik Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut)...
Bolmut
08 May 2013 / dibaca 4156 kali
BOROKO (BK): Masih unggulnya pasangan yang diusung Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Depri Pontoh dan Suriansyah Korompot pada Pemilihan...
Bolmut
08 May 2013 / dibaca 3271 kali
BOROKO (BK): Calon Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) yang berstatus Incumbent Bupati, Hamdan Datunsolang rupanya kurang...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.