Bolsel

Tersesat di Kebun, Warga Linawan Pinolosian Ditemukan Selamat

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 18 February 2021 17:45   287 kali
Tim SAR gabungan sebelum melakukan pencarian korban hilang di perkebunan Desa Linawan, Kecamatan Pinolosian, Kabupaten Bolsel.
MOLIBAGU (BK) : Seorang warga Desa Linawan, Kecamatan Pinolosian, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) yang dinyatakan hilang akhirnya ditemukan, Kamis (18/2/2021).
 
Korban, Nasib Datundugon (51), ditemukan dalam kondisi lemas di bawah pohon yang berjarak sekitar 5 kilometer dari kebunnya.
 
Sebelumnya, korban pergi berkebun bersama lima orang rekannya pada 15 Februari 2021 pukul 07.00 WITA. Namun sehari kemudian, 16 Februari, korban dilaporkan hilang setelah kelima rekannya telah tiba di kampung pukul 20.00 WITA.
 
Setelah menunggu selama 2 jam, pihak keluarga kemudian melaporkannya ke pemerintah desa dan pihak berwajib. Laporan itu kemudian diteruskan ke Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Manado.
 
Kepala Basarnas Manado, Zuhri Sinaga lalu memerintahkan Koordinator Pos SAR Kotamobagu untuk menurunkan tim ke lokasi kejadian untuk melakukan pencarian.
 
Pencarian pun dilakukan dengan berkoordinasi dengan pemerintah setempat dan tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas, Kepolisian, TNI, PMI, BPBD, ORARI dan masyarakat setempat.
 
Tim dibagi dalam 4 unsur mengingat banyaknya anggota. Ini dilakukan untuk mempermudah korban ditemukan.
 
Benar saja, dengan 4 unsur mempermudah pencarian dengan mendatangi lokasi-lokasi yang sering didatangi korban berdasarkan keterangan rekan-rekannya. 
 
Tidak butuh lama korban ditemukan dalam kondisi lemas tergeletak di bawah pohon, sekitar 5 kilometer dari kebun.
 
"Dilakukan pertolongan pertama kepada kepada korban dengan memberinya makan dan minum untuk memulihkan stamina," ujar Humas Basarnas Manado, Very Ariyanto.
 
"Setelah itu korban di bawa ke posko untuk diserahkan kepada pihak keluarga".
 
Kepala Basarnas Manado, Zuhri Sinaga mengapresiasi setinggi-tingginya kepada tim yang terlibat di lapangan sehingga korban cepat ditemukan dalam keadaan selamat. Karena meski dalam masa pandemi Covid-19, proses pencarian tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.
 
"Dengan koordinasi yang baik ke setiap instansi terkait untuk misi penyelamatan, pasti laporan-laporan seperti ini akan cepat ditindaklanjuti sehingga korban cepat di temukan," tandas Sinaga.
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Bolsel
Bolsel
16 Nov 2012 / dibaca 1616 kali
BOLSEL (BK): Pekerjaan proyek fisik peningkatan jalan lingkar di Desa Toluaya, Kecamatan Bolaang Uki, terkesan asal jadi. Indikasi buruknya...
Bolsel
16 Nov 2012 / dibaca 2146 kali
BOLSEL (BK): Menyusul adanya pembiaran serta sikap dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) atas lokasi eks tambang PT...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.