Ekonomi

Berlaku Besok, 20 Orang Jalani Tes GeNose C19 di Bandara Sam Ratulangi Manado

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 28 April 2021 22:32   158 kali
GM Bandara Sam Ratulangi Manado, Minggus ET Gandeguai mengawali simulasi penggunaan tes GeNose C19. (foto: istimewa) 
 
 
 
MANADO (BK) : Sebanyak 20 orang menjalani tes GeNose C19 melalui simulasi di Bandara Sam Ratulangi Manado, Rabu (28/4/2021). Skrining kesehatan untuk mendeteksi infeksi virus Corona melalui embusan nafas.
 
“Rencananya, untuk pelaksanaan pemeriksaan kesehatan melalui tes GeNose C19 ini akan kami laksanakan besok (Kamis) 29 April 2021,” ujar Stakeholder Relation Manager Bandara Sam Ratulangi Manado, Yanti Pramono.
 
PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sam Ratulangi Manado mulai menyediakan fasilitas pemeriksaan Covid-19 dengan menggunakan GeNose C19. Fasilitas ini disediakan sejalan dengan ketentuan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 26 tahun 2021. 
 
Tes diawali oleh General Manager Bandara Sam Ratulangi, Minggus ET Gandeguai. Kemudian disusul stakeholder terkait yang bersedia untuk dilakukan tes GeNose C19 ini diantaranya perwakilan Otoritas Bandara, Imigrasi, KKP, Polsek Kawasan Bandara, Airlines dan karyawan operasional yang berhubungan langsung dengan pengguna jasa bandara khususnya penumpang.
 
“Untuk fasilitas dan peralatan yang disediakan yaitu 5 unit mesin GeNose, 3 bilik pemeriksaan, area ruang konsultasi, tenaga medis, tenaga administrasi dan petugas umum yang bertugas mengatur antrean, kursi tunggu, dan 1 unit TV peraga,” terang Yanti.
 
 
 
Untuk implementasi awal ke penumpang, Yanti mengatakan akan menyediakan sekitar 200 kantong setiap hari. “Nantinya akan kami evaluasi jika ada perkembangan lebih lanjut terkait pemeriksaan GeNose C-19 tersebut,” katanya.
 
Untuk lokasi fasilitas tes berada di lantai 2 Terminal Bandara Sam Ratulangi Manado, tepatnya disamping fasilitas pemeriksaan Rapid Tes Antigen dan PCR Test yang sudah terlebih dahulu beroperasi demi mendukung kebutuhan dokumen pelengkap calon penumpang yang akan berpergian dengan pesawat di tengah pandemi Covid-19 ini.
 
“Semoga dengan adanya tes GeNose C-19 ini bisa mempermudah para penumpang, karena selain harganya murah prosesnya juga cepat dan hasilnya bisa keluar dalam waktu 15 - 30 menit kemudian,” tandas Yanti.
 
Untuk pemeriksaan menggunakan GeNose C-19 sendiri memiliki persyaratan khusus, dimana sebelum menjalani pemeriksaan penumpang wajib membawa KTP dan tiket, serta berpuasa selama minimal 30 menit tidak boleh makan, minum dan merokok. Jika tidak sempat melaksanakan ketentuan tersebut maka penumpang disarankan untuk melakukan pemeriksaan Rapid test Antigen.
 
(acha/bk-8)
 
Komentar ()
Berita Ekonomi
Ekonomi
31 Oct 2020 / dibaca 607 kali
Pangkalan Paris 88 Taxi Service di Jalan Pierre Tendean Boulevard Nomor 105, Sario, Manado. (foto: acha)    ...
Ekonomi
26 Oct 2020 / dibaca 370 kali
Pengunjung melakukan pengukuran suhu tubuh dengan thermo gun sebelum memasuki lokasi Corallica Dive Resort. (foto: istimewa)  ...
Ekonomi
25 Oct 2020 / dibaca 317 kali
MANADO (BK) : Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan Kerja (K3) mengeluarkan surat tentang Rekruitmen Peserta...
Ekonomi
24 Oct 2020 / dibaca 581 kali
Pengunjung Jumbo Pasar Swalayan diharuskan mencuci tangan terlebih dulu sebelum masuk berbelanja. (foto: acha)      ...
Ekonomi
12 Oct 2020 / dibaca 336 kali
Ilustrasi Teknologi Geofencing Grab yang dapat mendeteksi lokasi mitra pengemudi untuk memastikan mereka tidak berkerumun. (foto: istimewa)...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.