Hukum

Danrem 131/Santiago Dukung Operasi Ketupat Jelang Idul Fitri 1442 H

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 29 April 2021 19:49   135 kali
Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana bersama Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang. (foto: istimewa) 
 
 
 
MANADO (BK) : Komandan Korem (Danrem) 131/Santiago, Brigjen TNI Prince Meyer Putong mendukung adanya operasi Ketupat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Ia mengatakan operasi Ketupat ini untuk mewujudkan situasi keamanan dan kondusifitas di wilayah Provinsi Sulawesi Utara sebagai upaya cega tangkal terhadap kelompok yang mengganggu pelaksanaan Idul Fitri nantinya.
 
“Operasi ini juga untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya  pelanggaran bagi warga yang akan melaksanakan mudik, karena sudah menjadi anjuran pemerintah,” ujar Danrem seusai menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Kesiapan Pengamanan Perayaan Idul Fitri 1442 H Tahun 2021, di ruang Tribrata Polda Sulut Jalan Bethesda Kecamatan Sario, Manado, Kamis (29/4/2021).
 
Lanjutnya, sampai saat ini Pandemi Covid-19 belum berakhir sehingga pemerintah telah mangambil kebijakan untuk pelarangan mudik. Tujuannya untuk memutus mata rantai penyebaran virus mematikan ini.
 
“Berkaitan dengan itu saya sebagai Komandan Korem 131/Santiago sudah mengintruksikan kepada satuan jajaran selalu bersinergi dengan Polri dan instansi terkait lainnya dalam melaksanakan berbagai kegiatan terlebih khusus untuk pencegahan penyebaran virus Corona,” tandas Brigjen TNI Prince Meyer Putong.
 
 
 
 
Danrem 131/Santiago, Brigjen TNI Prince Meyer Putong. (foto: istimewa)
 
 
Danrem juga menambahkan, untuk mendukung Operasi Ketupat tahun 2021 pada masa pandemi ini, sudah banyak yang dilakukan untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Diantaranya adalah Operasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (OPPKM) sampai tingkat skala mikro dan operasi  Pemberlakuan Protokol Kesehatan (OPPK) yang dilakukan mulai dari tingkat Korem, Kodim dan Koramil dengan bersinergi semua unsur terkait di daerah.
 
“Pengalaman yang sudah ada dari kasus meningkatnya Covid-19, itu kita jadikan pelajaran yang berharga sehingga perlu diantisipasi agar tidak terjadinya pengulangan kenaikan kasus yang sama,” pungkas Danrem.
 
Dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral yang dipimpin Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana bersama Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang, operasi Ketupat ini dalam rangka mendukung keamanan, kenyamanan dan ketertiban perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H.
 
Kapolda Sulut, Irjen Pol Nana Sudjana pada kesempatan tersebut menyampaikan, Rakor Lintas Sektoral tahun 2021 ini terkait dengan hari raya keagamaan yakni Hari Raya Idul Fitri 1442 H yang jatuh pada tanggal 13-14 Mei 2021.
 
“Kita akan melaksanakan Operasi Ketupat mulai dari tanggal 6 - 17 Mei 2021. Tujuannya untuk meningkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Idul Fitri 1442 H kepada umat yang merayakannya,” terang Kapolda.
 
 
 
 
Suasana Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Kesiapan Pengamanan Perayaan Idul Fitri 1442 H Tahun 2021, di ruang Tribrata Polda Sulut Jalan Bethesda Kecamatan Sario, Manado. (foto: istimewa)
 
 
Kegiatan Operasi Ketupat kali ini, lanjut Kapolda, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena masih dalam masa Pandemi Covid-19 sehingga dalam pelaksanaan operasi, selalu mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudik dengan tujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19.
 
“Ini sesuai dengan kebijakan dari pemerintah yang telah menetapkan pelarangan mudik pada saat Hari Raya Idul Fitri 1442 H tahun 2021 ini,” ungkap Kapolda.
 
Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Danlantamal VIII Manado Brigjen TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, Danlanudsri Manado Marsma TNI Mohamad Satriyo Utomo, Kabinda Sulut Laksma TNI Adriansyah, Wakapolda Sulut Brigjen Pol Rudi Darmoko, Dan Denpom XIII/1 Manado Letkol Cpm Suharno, Kasubdit Patroli Kamla, Bakamla Zona tengah Letkol Bakamla Robby Anakotta.
 
Kemudian Asisten I Pemprov Sulut Edison Humiang, Kadishub Provinsi Sulut Lynda D Watania, Kadiskes Prov Sulut dr Debie KR Kalalo, Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Rio Marthadi, Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Ben Arther Molle, Kadis Perindag Provinsi Sulut Edwin L Kindangen, General Manager PT. PLN Persero Suluttenggo Leonard Nelwan, Kasat Pol PP Provinsi Sulut Farly Kotambunan, dan Kepala BPBD Prov Sulut Joy Oroh.
 
(acha/bk-8)
 
Komentar ()
Berita Hukum
Hukum
23 Feb 2021 / dibaca 259 kali
MANADO (BK) : Tes narkoba dilakukan Satuan Reserse Narkoba (Satresnatkoba) di Mapolresta Manado, Selasa (23/2/2021). Tes dilakukan secara...
Hukum
11 Feb 2021 / dibaca 131 kali
MANADO (BK) : Polda Sulawesi Utara menggelar apel kesiapan tenaga tracer dan vaksinator covid-19, di lapangan upacara Mapolda Sulut, Kamis...
Hukum
11 Feb 2021 / dibaca 137 kali
MANADO (BK) : Kapolda Sulut Irjen Pol R.Z. Panca Putra meresmikan pengoperasian 4 unit kapal patroli polisi, terdiri dari 2 unit Type R.I.B...
Hukum
10 Feb 2021 / dibaca 176 kali
MANADO (BK) : Sengketa tanah di area perkebunan Alason, Desa Ratatotok I, Kecamatan Ratatotok, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), kisruh...
Hukum
03 Feb 2021 / dibaca 173 kali
Dua personel Ditlantas Polda Sulut saat memberikan masker gratis kepada seorang pengedara sepeda motor. (foto: Istimewa)    ...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.