Hukum

Kontraktor Tewas di Adegan 13, Keluarga Korban Keberatan Rekonstruksi

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 08 June 2021 19:43   442 kali
MANADO (BK) : Polresta Manado menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan di Kelurahan Singkil Satu, Kecamatan Singkil, yang menewaskan kontraktor Sonny Kasenda (46), Selasa (8/6/2021).
 
Proses reka ulang tidak dilaksanakan di tempat kejadian perkara (TKP), tapi halaman belakang Mapolresta Manado. Ada 19 adegan yang diperagakan tersangka RT alias Faldi (26) saat menghabisi nyawa korban.
 
Memang tidak semua adegan diperagakan satu persatu oleh tersangka akibat luka tembak di kakinya, yang membuatnya tidak bisa berjalan sehingga harus dipapah.
 
 
 
Pada adegan ke-13, tersangka yang ketahuan korban karena telah masuk ke dalam halaman rumah, langsung menikam korban saat membuka pintu. Pada adegan inilah tersangka berulangkali menikam korban hingga terjatuh dan terkapar.
 
Sementara itu, disela-sela proses reka ulang, keluarga korban sempat bersitegang karena adegan yang diperagakan tersangka tidak sesuai kesaksian mereka. Penasehat Hukum mereka, Ws Sofyan Jimmy Yosadi, SH kemudian berusaha menenangkan.
 
Usai pelaksanaan rekonstruksi, Ws Sofyan Jimmy Yosadi, SH yang mewakili keluarga korban mengatakan keluarga korban merasa keberatan dengan proses reka ulang, dimana ada beberapa adegan dilakukan tersangka tidak sesuai fakta. Alasannya, mereka menyaksikan sendiri kejadian tersebut.
 
“Karena ada banyak hal yang tidak benar dalam proses reka ulang itu, pihak keluarga akan menyurat resmi kepada pimpinan di kepolisian (Polresta Manado),” ujar Sofyan.
 
Ia juga mengungkapkan adanya dugaan dari keluarga bahwa kasus ini tidak berdiri sendiri dan bukan hanya pencurian atau kejadian itu secara kebetulan saja. Mereka menyangsikan tersangka yang ingin melakukan pencurian kemudian kedapatan dan langsung membunuh korban.
 
Menurutnya, keluarga menduga bahwa ini adalah ada niat pembunuhan berencana. Motifnya bisa macam-macam karena menurut keluarga tersangka sudah sampai tiga kali masuk ke dalam rumah.
 
“Jadi bisa saja dia karena dendam atau bisa juga ada actor intelektual yang menjadi dalang dalam kasus ini,” terang Sofyan.
 
Ia mengatakan akan mendesak kepada pihak penyidik agar melakukan pendalaman hingga betul-betul berkas ini dapat dinyatakan lengkap, yang kemudian juga dapat dipertimbangkan oleh jaksa penuntut umum (JPU) hingga nanti pada saat pengadilan nanti.
 
“Kami akan menjaganya sampai pada putusan vonis pengadilan. Dan apabila memang keluarga merasa hukuman yang dijatuhkan oleh pihak pengadilan tidak memenuhi rasa keadilan, maka keluarga akan memohon untuk melakukan proses hukum lagi, baik banding, kasasi dan sebagainya,” pungkas Sofyan.
 
Sebelumnya, Sonny Kasenda (46), warga Kelurahan Singkil Satu Lingkungan VI Kecamatan Singkil, tewas dengan sejumlah luka tusukan senjata tajam di leher, tangan dan badannya, Kamis (20/5/2021) pagi sekira pukul 05.15 WITA. Anak korban, Deril Kasenda (16) juga mengalami luka di tangan ketika mencoba melawan saat melihat ayahnya ditusuk.
 
Tersangka RT alias Faldi mengaku, saat itu ingin mencuri ayam. Tapi karena kepergok, ia mengeluarkan pisau badiknya dan menyerang korban.
 
Ia lalu berusaha kabur setelah melihat korban jatuh bersimbah darah, dengan cara melompat tembok belakang rumah korban.
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Hukum
Hukum
25 May 2021 / dibaca 150 kali
MANADO (BK) : Kapolda Sulawesi Utara (Sulut), Irjen Pol Nana Sudjana menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pimpinan ormas di...
Hukum
24 May 2021 / dibaca 615 kali
MANADO (BK) : Sebanyak 265 personel Kodam XIII/Merdeka tahun 2021 dari jajaran Korem 131/Santiago yang tergabung dalam Satuan Tugas Operasi...
Hukum
22 May 2021 / dibaca 208 kali
MANADO (BK) : Komandan Korem (Danrem) 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong membuka kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Brigade...
Hukum
21 May 2021 / dibaca 56 kali
BANDUNG (BK) : Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo  melakukan serangkaian kunjungan kerja...
Hukum
20 May 2021 / dibaca 126 kali
MANADO (BK) : Satresnarkoba Polres Minahasa Selatan (Minsel), Polda Sulawesi Utara (Sulut) mengamankan tiga pengedar beserta barang bukti...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.