Hukum

Terapkan Prokes Covid-19, Danrem 131/Santiago Buka Rakernas Brigade Manguni Sulut

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 22 May 2021 22:07   256 kali
Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong membuka kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Brigade Manguni (BM) di Hotel Sintesa Peninsula M
MANADO (BK) : Komandan Korem (Danrem) 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong membuka kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Brigade Manguni (BM) di Hotel Sintesa Peninsula Manado, Sabtu (22/5/2021). Sebanyak 60 orang dari DPD dan DPP BM se-Sulawesi Utara (Sulut) hadir di rakernas yang mengusung tema "Persatuan dalam Keragaman Adat, Budaya, Tradisi untuk Pancasila dan NKRI".
 
Saat memberikan sambutan, Danrem yang didampingi Kasiter Kasrem Kolonel Inf Aco Lamama dan Dandim 1309/Manado Letkol Y. Raja Sulung Purba mengingatkan agar ormas adat Brigade Manguni di Sulawesi Utara (Sulut), untuk dapat menjaga nama baik dan menjadi contoh yang baik bagi ormas-ormas lainnya.
 
“Kalau perlu, bisa ikut terlibat dalam mewujudkan tujuan nasional Negara Indonesia ini,” ujarnya.
 
Danrem melanjutkan, sebuah organisasi bisa keluar dari daftar ormas di Indonesia kalau sudah tidak lagi sejalan dengan tujuan Negara. Apalagi kalau sudah menunjukkan tendensi memecah belah persatuan dan kesatuan.
 
“Oleh sebab itu saya berharap kepada kita semua ormas adat Brigade Manguni ini kiranya dapat menjadi suri tauladan bagi masyarakat yang ada di Sulut dan menjadi berkat untuk banyak orang,” terangnya.
 
Danrem juga memberikan penjelasan mengenai sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta (Sishankamrata). Ia mengatakan Indonesia menerapkan system ini sebagai usaha pertahanan dan keamanan Negara.
 
Sishamkamrata tersebut dilakukan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) sebagai kekuatan utama dan rakyat adalah sebagai kekuatan/komponen  pendukung sehingga TNI bekerja dan berjuang selalu bersama-sama rakyat.
 
Dijelaskan lagi, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terletak pada posisi silang dunia sehingga sangat rentan dari segala bentuk ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan (AGH) dari negara lain, termasuk ancaman dari dalam sendiri diantaranya pertikaian antar suku, agama, ras (SARA) dan antar golongan serta sentimen daerah.
 
 
 
Ini katanya, sangat berpotensi memicu terjadinya konflik horisontal maupun vertikal, sehingga diharapkan TNI dalam mempertahankan  kedaulatan negara harus didukung sepenuhnya oleh rakyat dan berjuang bersama rakyat. Hal ini memang sebagai perwujudan Upaya  Bela Negara yang sudah diatur dalam UUD 1945.
 
"Untuk itu mari kita bersinergi menjaga NKRI yang kita cintai ini dan wilayah Sulut pada umumnya agar tercipta situasi aman, nyaman, tentram dan kondusif. Apalagi Sulut terdiri dari bermacam-macam suku, agama, budaya dan latar belakang yang berbeda-beda, jangan mudah terpengaruh, terprovokasi dari orang atau kelompok tertentu yang hanya ingin berupaya memecah bela persatuan dan kesatuan bangsa,” imbau Jenderal Bintang Satu ini.
 
Sebelumnya, rakernas diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Brigade Manguni. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Kode Etik Brigade Manguni.
 
Sementara itu, Ketua Panitia rakernas, Coreles Mononimbar memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong yang telah bersedia dan berkenan hadir pada acara Rakernas kali ini. Kehadiran Danrem dianggapnya merupakan suatu kebanggaan bagi ormas adat Brigade Manguni dan warga Sulut pada umumnya.
 
Perlu diketahui, bahwa organisasi kemasyarakatan pada dasarnya dibentuk dengan tujuan untuk menjaga, memelihara, serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Dan ini berlaku untuk semua ormas, tak terkecuali ormas terbesar di Indonesia.
 
Semua ormas memiliki kewajiban untuk tetap menjaga norma, etika, dan nilai-nilai moral dalam hidup bermasyarakat yang berdasarkan pada Pancasila dan UUD 45, dengan tetap memegang teguh persatuan dan kesatuan bangsa dalam Bhinneka Tunggal Ika (berbeda-beda tapi tetap satu tujuan). 
 
Kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona, agar pandemi ini segera  berakhir.
 
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua FKUB Sulut Pendeta Lucky Rumopa STh yang mewakili Gubernur Sulut, Tonaas Wangko Lendi L.E Wangke, Sekretaris Matulandi PL Supit, dan Dewan Pimpinan Tonaas Makmun Djaafara serta para Tonaas Wangko dari masing-masing provinsi dan daerah.
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Hukum
Hukum
28 Jun 2021 / dibaca 124 kali
MANADO (BK) : Gara-gara dijanjikan untuk menjadi Foto Model, seorang siswi SMA di Kota Manado malah menjadi korban pencabulan. Jingga (15),...
Hukum
28 Jun 2021 / dibaca 105 kali
MANADO (BK) : VML alias Marshal (20), diringkus Tim Paniki Polresta Manado atas dugaan kasus pengancaman dengan senjata tajam (sajam). Dia...
Hukum
28 Jun 2021 / dibaca 550 kali
MANADO (BK) : Komandan Korem 131/Santiago, Brigjen TNI Prince Meyer Putong memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kodim...
Hukum
25 Jun 2021 / dibaca 296 kali
MANADO (BK) : Satuan Reserse Narkoba Polresta Manado menangkap seorang warga negara asing (WNA) asal Finlandia berinisial JPA (49), di sebuah...
Hukum
22 Jun 2021 / dibaca 166 kali
MANADO (BK) : Tim Paniki Polresta Manado menangkap FL (16), warga Kelurahan Lawangirung, Lingkungan III, Kecamatan Wenang atas dugaan kasus...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.