Kuliner

Hoklae Tempo Doeloe, Rumah Kopi Konsep Tradisional yang Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 03 December 2020 15:14   971 kali
Rumah Kopi Hoklae Tempo Doeloe Marina Plaza. (foto: acha)
 
 
 
 
MANADO (BK) : Hoklae namanya. Begitulah penikmat kopi yang sering singgah di rumah kopi yang terletak di Marina Plaza Blok B6, pusat Kota Manado.
 
Tapi, nama sebenarnya dari rumah kopi yang buka di tahun 2019 ini adalah Hoklae Tempo Doeloe.
 
“Nama ini mengacu pada nama rumah kopi Hoklae yang pertama kali berdir pada zaman Permesta dulu,” ujar Eddy Ekoyanto sebagai manajernya.
 
Rumah kopi Hoklae pertama kali berdiri di Tomohon pada awal tahun 1950-an. Hoklae berasal dari kata ‘Hoki’ yang dalam bahasa China adalah rejeki datang.
 
Pada generasi kedua, rumah kopi Hoklae sempat mengalami penurunan karena masih dalam situasi perang. Namun kemudian dikembangkan lagi oleh generasi ketiga.
 
Hingga saat ini ada lima rumah kopi Hoklae yang berdiri di bawah Direktur Gerry Tho, yaitu Hoklae Tomohon, Hoklae Marina Plaza, Hoklae Tikala, Hoklae Teling tepatnya di belakang kantor Gubernur Sulut dan Hoklae di Minahasa Utara (Minut) dan tetap berpegang pada tradisi diawal berdirinya Hoklae.
 
Jadi katanya, meski rumah kopinya di bangunan Rumah Toko (Ruko), tetap masih berpegang teguh pada tradisi rumah kopi Hoklae yaitu rumah kopi tradisional.
 
“Mengapa? Karena pengerjaannya tidak menggunakan mesin-mesin modern seperti sekarang ini, tapi kopi seduh yang disaring,” terang Eddy.
 
 
Tetap Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19
 
Saat pademi Covid-19, pemerintah melarang orang untuk beraktifitas di luar rumah dan menganjurkan untuk bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Hanya took yang menjual bahan sembako, pasar dan tempat-tempat vital untuk kepentingan publik serta usaha kuliner termasuk rumah kopi yang beroperasional dengan pembatasan jam.
 
Itu pun dengan anjuran untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 3M yaitu, Mencuci tangan, Menjaga Jarak dan Menggunakan Masker. Terlebih ketika telah memasuki era New Normal atau beradaptasi dengan kehidupan baru.
 
Rumah Kopi Hoklae Tempo Doeloe pun ikut menerapkan protokol kesehatan. Setiap pengunjung harus terlebih dulu mencuci tangan di tempat yang disediakan di depan rumah kopi.
 
“Kami tidak melarang pengunjung yang tidak menggunakan masker karena mereka akan datang makan dan minum. Tapi kami selalu mengingatkan untuk selalu menjaga jarak dengan membatasi satu meja hanya untuk 2 orang saja,” pungkas Eddy Ekoyanto.
 
(acha/bk-8)
 
 
Komentar ()
Berita Kuliner
tidak ditemukan
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.