Liputan Khusus

Pacu Program Vaksinasi serta Operasi Yustisi di Sulut

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 30 May 2021 23:31   213 kali
Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut dr. Steaven Dandel, MPH
PROVINSI Sulawesi Utara (Sulut) kembali menggeliat. Roda perekonomian di daerah ini juga nyaris telah berjalan seperti biasanya. Tidak ada lagi jalanan yang sepi seperti saat-saat pertama Covid-19 menyebarkan virusnya.
 
Pasar-pasar, toko, supermarket, rumah kopi dan café kini mulai banyak didatangi warga. Tempat-tempat hiburan malam (THM) pun telah mendapat kelonggaran untuk buka meski masih dalam pembatasan jam tayangnya.
 
Ini setelah menurunnya kasus terkonfirmasi positif dari zona berisiko tinggi (merah) ke sedang (jingga), bahkan ada yang telah masuk dalam kategori zona rendah (kuning).
 
Di beberapa kabupaten, bahkan tidak ada lagi penambahan kasus sesuai update dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sulut.
 
Dalam sebulan terakhir, kondisi epidemiologi di Sulut relatif terkendali. Penambahan kasus terkonfirmasi positif bahkan hanya dalam hitungan satu digit angka. Kalau pun lebih, masih dalam batasan dua digit di bilangan belasan saja.
 
Kondisi ini malah membuat kesadaran masyarakat tentang protokol kesehatan menurun. Banyak warga yang tak lagi menggunakan masker. 
 
Alasannya, covid hanyalah penyakit biasa seperti flu, yang hanya perlu menjaga imun tubuh saja. “Tapi itulah pemahaman yang salah tentang Covid-19,” ujar Deddy Christian, warga Tomohon.
 
Ia mengkhawatirkan adanya potensi gelombang kedua Covid-19 seperti yang telah terjadi di beberapa Negara di dunia. Ia mencontohkan India dan Malaysia yang telah mengalaminya. Meskipun itu didapatkannya hanya dari membaca berita dan menonton di TV.
 
Penggunaan masker yang kini abai dan makin seringnya orang berkerumun di berbagai tempat umum, membuatnya makin membentengi dirinya dengan protokol kesehatan, minimal tetap menggunakan masker dan selalu membawa hand sanitizer.
 
“Jangan menganggap remeh, Covid-19 yang sekarang adalah varian baru yang sangat cepat penyebaran dan penularannya,” ungkap pria yang punya hobi memotret ini.
 
Meski terjadi penurunan angka terkonfirmasi positif Covid-19, tidak membuat Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sulut terlena. Memang saat ini tingkat kepatuhan terhadap protokol kesehatan menurun, tapi justru Covid-19 masih merajalela.
 
Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut dr. Steaven Dandel, MPH yang juga Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sulut menjelaskan kondisi seperti di Negara tetangga bisa saja terjadi di Sulut.
 
“Hanya butuh ketidakdisiplinan saja maka kondisi yang sama bisa juga terjadi di kita (Sulut),” katanya.
 
Untuk itu, Satuan Tugas katanya, terus mengupayakan 3T (Testing, Tracing, Treatment). Juga ditambah dengan pengiriman sampel untuk genome sequencing sebagai bentuk dari Suveilans varian baru. “Dan ini rutin dilaksanakan di Sulut,” terang Dandel.
 
Selain itu, Satgas juga akan kembali menggalakkan Operasi Yustisi melalui aparat kepolisian dan TNI untuk meningkatkan kembali kedisiplinan terhadap protokol kesehatan.
 
Pemerintah Provinsi Sulut juga terus memacu program vaksinasi. “Harapannya, dengan program ini bisa terus menekan epidemi Covid-19 di daerah kita,” pungkas Dandel.
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Liputan Khusus
Liputan Khusus
30 Sep 2020 / dibaca 382 kali
Mahasiswa Berinovasi Bersama Ciptakan Perubahan Untuk Negeri   Menghubungkan dan memberdayakan anak muda di seluruh Indonesia...
Liputan Khusus
26 Sep 2020 / dibaca 307 kali
AMURANG (BK): Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) melaksanakan Rapat Paripurna dalam rangka Penetapan...
Liputan Khusus
24 Sep 2020 / dibaca 237 kali
AMURANG (BK): Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Pembicaraan tingkat...
Liputan Khusus
24 Sep 2020 / dibaca 296 kali
AMURANG (BK): Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), melaksanakan pencabutan nomor urut bagi pasangan calon (Paslon)...
Liputan Khusus
23 Sep 2020 / dibaca 245 kali
AMURANG (BK): Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) telah menetapkan calon Bupati dan Wakil Bupati Minsel dalam...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.