Minahasa

KPID Sulut Gelar Sosialisasi Literasi Media Pengawasan Konten Siaran Bagi Generasi Muda di Tondano

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 23 May 2021 12:47   205 kali
TONDANO (BK):  Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Utara kembali menggelar kegiatan literasi media pengawasan konten siaran, bagi masyarakat, terutama generasi muda pelajar sebagai generasi penerus.
 
Kegiatan kali ini menyasar pelajar dan guru di SMA Negeri 1 Tondano, Kabupaten Minahasa, Jumat (21/5/2021), dengan mendatangkan dua orang narasumber yang berkompeten, yakni Michael Octavian Mait, S.Kom selaku Ketua Jaringan Peduli Anak Bangsa (JPAB) Sulut sekaligus Ketua Komisi Pelayanan Anak (KPA) Sinode GMIM dan Yannemieke Singal yang berprofesi sebagai Video Jurnalist KompasTV Biro Manado.
 
Kegiatan ini dibuka oleh Koordinator Bidang Kelembagaan KPID Sulut Pengasihan Amisan, S.IP, yang dalam sambutannya mengapresiasi pihak sekolah yang sudah menyambut baik kedatangan KPID Sulut di SMA Negeri 1 Tondano juga siswa-siswa yang antusias mengikuti kegiatan ini dengan harapan kegiatan ini bisa bermanfaat untuk semua pihak yang terlibat. 
 
Bung Santo, sapaan akrabnya Korbid Kelembagaan dalam sambutannya mengatakan, di era disrupsi ini, kemampuan individu dalam memilah dan memilih informasi untuk dikonsumsi menjadi penting, agar tidak menjadi korban dari dampak negatif kemajuan teknologi. 
 
"Karena begitu penting dan strategisnya peran individu dalam menjaga dirinya di tengah banjir informasi, maka KPID Sulut melalui kegiatan literasi media, hendak mengedukasi dan mendorong kesadaran publik untuk cerdas dan bijak dalam memilih konten informasi yang hendak diterima," ujarnya. 
 
Pembicara pertama Michael O.Mait, S.Kom dalam pemaparannya menekankan pentingnya pendidikan Literasi Media kepada generasi muda, dalam hal ini siswa-siswa SMA yang adalah pengguna media paling banyak dari antara semua generasi. 
 
Sementara itu, Yannemieke Singal membawa materi tentang bagaimana memilih siaran yang sehat serta mengajak siswa-siwa untuk cerdas menggunakan media apalagi bermedia sosial mengingat keberadaan media sosial tidak terpisahkan dari kehidupan generasi muda jaman sekarang.
 
Apresiasi yang begitu besar ditunjukkan oleh siswa dan guru dalam kegiatan ini, dibuktikan dengan sesi tanya-jawab yang luar biasa, baik siswa maupun guru aktif mengajukan pertanyaan. 
 
Hadir juga memberikan pengarahan dan wawasan tentang lembaga KPID Sulut, Komisioner Bidang Kelembagaan Merlyn C.P.Watulangkow, SH dalam menjawab pertanyaan yang diberikan, menjelaskan bahwa ketika konten ditayangkan atau disiarkan di televisi dan radio, maka menjadi kewenangan KPI dalam fungsinya mengawasi konten ketika ditemukan adanya indikasi pelanggaran terhadap peraturan yang berlaku.
 
"Kiranya generasi muda semakin cerdas dalam memilih dan mengapresiasi siaran yang baik dan bisa berperan aktif untuk melapor ke KPID Sulut jika menemukan ada siaran-siaran yang tidak pantas. Bisa langsung di Call Center Lapor KPID Sulut 081143704555" ungkap Meilany Rauw, SE mewakili Komisioner KPID Sulut disela-sela kegiatan. 
 
(mfw/bk-11)
Komentar ()
Berita Minahasa
Minahasa
09 Dec 2018 / dibaca 1065 kali
MINAHASA (BK) : Longsor terjadi di Kelurahan Talikuran Utara, Kecamatan Kawangkoan Utara, Kabupaten Minahasa. 4 rumah warga yang berada di...
Minahasa
23 Nov 2018 / dibaca 948 kali
LANGOWAN (BK):  Tim dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado  mengadakan pengabdian masyarakat di...
Minahasa
17 Nov 2018 / dibaca 1114 kali
TONDANO (BK): "Ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang. Saat ini kita telah memasuki era 4.0 dan tentu sangat membutuhkan...
Minahasa
13 Nov 2018 / dibaca 1074 kali
KAKAS (BK): Universitas Negeri Manado kembali menorehkan prestasi melalui Program Penerapan Teknologi Tepat Guna Kepada Masyarakat yang...
Minahasa
12 Aug 2018 / dibaca 1109 kali
PINABETENGAN (BK):  Bagian dari tugas dan tanggung jawab sebagak anggota DPR RI yaitu melakukan pertemuan dengan masyarakat termasuk...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.