Minut

Danrem 131/Santiago Hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-76 di Minut

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 01 June 2021 21:47   387 kali
MINUT (BK) : Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-76 di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Selasa (1/6/2021), dihadiri Komandan Korem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong. Upacara berlangsung di pendopo Kantor Bupati, Kelurahan Airmadidi Atas, Kecamatan Airmadidi, Kabupaten Minut.
 
Danrem didampingi Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Benny Lesmana. Sebelum upacara dimulai, diadakan pembacaan Apel Pencanangan Gerakan Aksi Nyata Minahasa Utara Bumi Revolusi Mental yang dipimpin oleh Bupati Joune Ganda. Kemudian dilanjutkan dengan pelepasan balon dan burung merpati oleh unsur Forkopimda.
 
Setelah itu dilakukan penandatanganan Gerakan Aksi Nyata Minahasa Utara Bumi Revolusi Mental dan penyerahan bantuan secara simbolis oleh unsur Forkopimda kepada perwakilan masyarakat dalam bentuk bibit tanaman pala, kelapa dan beras.
 
Acara dilanjutkan dengan mendengarkan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, tentang peringatan hari lahir Pancasila Tahun 2021 yang diikuti secara virtual oleh unsur Forkopimda di Pendopo Kantor Bupati Minut.
 
 
 
 
Presiden Joko Widodo dalam amanatnya mengungkapkan bahwa Pancasila harus menjadi pondasi dalam setiap perkembangan revolusi industri 4.0, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perkembangan pembangunan kenegaraan.
 
"Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mempengaruhi ideologi yang ada di Indonesia. Kemudahan akses internet baik untuk kemajuan bangsa, namun terdapat ancaman Ideologi-Ideologi baru yang berlawanan dengan Pancasila yang dengan mudah diakses hingga ke seluruh pelosok negeri,” ungkap Presiden.
 
Revolusi industri 4.0 juga menurut presiden, sangat berpengaruh pada perkembangan Idieologi Pancasila. Oleh karena itu setiap pembangunan industri yang ada harus sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang berlaku di Indonesia.
 
“Mari kita seluruh elemen lapisan masyarakat untuk bersatu padu dan bergerak aktif untuk memperkuat nilai-nilai luhur Pancasila,” ajak Presiden.
 
 
 
 
Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong SH seusai upacara mengatakan, upacara peringatan hari Lahir Pancasila yang dilakukan secara virtual ini tidak akan mengurangi esensi dan makna dari ideologi dan falsafah Pancasila yang mampu sebagai perekat dan pemersatu Bangsa Indonesia.
 
"Pancasila yang banyak mengandung nilai-nilai luhur mulai dari nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan dan kesatuan, musyawarah mufakat, keadilan sosial termasuk nilai gotong-royong maka sangat bisa kita implementasikan dalam situasi menghadapi pandemi Covid-19 di negara kita Indonesia," jelas Danrem.
 
Dalam upacara tersebut, juga dihadiri oleh Gubernur Provinsi Sulut Olly Dondokambey, Ketua DPRD Sulut Fransiskus Silangen, Danlanudsri Manado Marsma TNI Mohamad Satriyo Utomo, Kabinda Sulut Laksma TNI Adriansyah, Ketua DPRD Minut Deny Komlon Lolong, Kapolres Minut AKBP Grace Rahakbau dan Ketua PN Airmadidi Muhamad Sholeh.
 
Kemudian Wakil Bupati Kevin William Lotulong, Sekda Jemmy H Kuhu, Pabung Minut Mayor Inf Jemmy Lotulong, Kepala Badan Kesbangpol Lily Lengkong, Dansub Pom Bitung Kapten Cpm Charles Katuuk dan para Kepala SKPD Kabupaten Minut.
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Minut
Minut
19 Oct 2020 / dibaca 399 kali
MINUT (BK): BIMBINGAN TEKNIS BAGI PANWASLU KELURAHAN/DESA PADA PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR SULAWESI UTARA SERTA BUPATI DAN WAKIL...
Minut
19 Oct 2020 / dibaca 363 kali
MINUT (BK): BIMBINGAN TEKNIS PENGELOLAAN ANGGARAN DAN MANAJEMEN RESIKO BAGI PENGAWAS PEMILU SE - KABUPATEN MINAHASA UTARA PADA LANJUTAN TAHAPAN...
Minut
19 Oct 2020 / dibaca 463 kali
MINUT (BK): Penyelenggara Pemilu dalam hal ini Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam kinerjanya tentu mengedepankan profesionalisme. Bawaslu...
Minut
19 Oct 2020 / dibaca 807 kali
MINUT (BK): Jelang pemilu serentak tahun 2020 pimpinan Bawaslu kabupaten Minahasa Utara terus melakukan berbagai kegiatan.  ...
Minut
18 Oct 2020 / dibaca 277 kali
MINUT (BK) : Pelaksanaan Pemilu serentak 2020 di Sulawesi Utara semakin dekat oleh karena itu jajaran penyelenggara pemilu semakin intens...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.