Nasional

Resmikan Pasar Baru Berdikari di Tumpaan, Wamendag: Pemerintah Berpihak pada Ekonomi Kerakyatan

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 30 June 2021 16:22   131 kali
 
MINSEL (BK) : Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menegaskan bahwa pemerintah berpihak pada ekonomi kerakyatan. Salah satu bentuknya melalui pembangunan pasar rakyat.  Program revitalisasi pasar rakyat menjadi tugas penting Kementerian Perdagangan dalam mengemban dan menjalankan mandat Presiden Joko Widodo.
 
 
 
Hal tersebut disampaikan Wamendag Jerry Sambuaga saat meresmikan Pasar Berdikari Tumpaan,  Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara hari ini, Selasa (29/6). Hadir dalam peresmian itu  Wakil Bupati Minahasa Selatan Petra Yani Rembang. 
 
 
“Kemendag membantu pembangunan pasar ini untuk mendorong pasar rakyat agar tidak kalah dengan pusat perbelanjaan dan toko modern sehingga dapat meningkatkan omzet pedagang pasar rakyat. Ini adalah wujud keberpihakan pemerintah pada ekonomi kerakyatan,” ujar Wamendag.
 
 
Menurut Wamendag, pembangunan pasar rakyat yang nyaman bagi penjual dan pembeli dapat mengangkat daya saing dan citra pasar rakyat di masyarakat. Selain pembangunan fisik, manajemen pengelolaan pasar juga menjadi perhatian Kemendag. Para pengelola dibina secara khusus agar lebih memahami pengelolaan pasar rakyat. Kapasitas para pedagang juga ditingkatkan melalui keikutsertaannya dalam sekolah pasar.
 
 
“Pesatnya pembangunan pasar modern dirasakan banyak pihak berdampak terhadap keberadaan pasar rakyat. Namun, keunggulan yang terdapat di pasar rakyat adalah harga yang terbentuk merupakan hasil tawar-menawar para pihak,” ujar Wamendag.
 
 
 
Wamendag menjelaskan pembangunan Pasar Berdikari Tumpaan ini bertujuan  meningkatkan pendapatan para pedagang serta pelaku ekonomi yang ada di Minahasa Selatan. Kenyamanan pasar ini juga dapat memudahkan akses transaksi jual beli. Arus barang antar wilayah khususnya barang kebutuhan pokok (bapok) masyarakat semakin lancar. Dengan memiliki pasar yang mumpuni, kebutuhan bapok suatu daerah akan terpenuhi dan terjaga dengan baik.
 
 
“Program bantuan pendirian pasar rakyat merupakan salah satu bentuk komitmen Kemendag untuk meningkatkan kesejahteraan para pedagang dengan mendorong omzet, mendukung kelancaran logistik dan distribusi bahan kebutuhan masyarakat, serta memperkuat pasar dalam negeri sebagai penyangga ketersediaan bapok yang menjadi barometer stabilisasi harga pangan di tingkat nasional,” pungkas Wamendag.
 
 
 
Sementara itu, dikesempatan yang sama, Wakil Bupati Minahasa Selatan, Petra Yani Rembang (PYR), dalam sambutannya mewakili Bupati Franky Wongkar, mengatakan bersyukur dan bangga menyambut kedatangan Wamendag RI Dr. Jerry Sambuaga, yang juga merupakan putra terbaik kebanggaan masyarakat Sulawesi Utara.
 
 
“Melaui koordinasi dengan pemerintah pusat, dan bantuan juga arahan Wamen Perdagangan, serta kerjasama selama ini yang diberikan, Kabupaten Minahasa Selatan boleh membangun pasar rakyat Berdikari Tumpaan,” ujar Wabup.
 
 
 
Dijelaskan Wabup Petra Rembang, pembangunan pasar tersebut berdasarkan peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor 54 Tahun 2020 tentang penugasan Bupati/Walikota dalam rangka pelaksanaan kegiatan pembangunan dan atau revitalisasi sarana perdagangan.
 
 
“Berupa pasar rakyat dan gudang nonsistem semi gudang yang didanai melalui Dana Tugas Pembantuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2020, dengan nilai kontrak sejumlah 3 miliar 625 juta. Pembangunan tersebut dilaksanakan selama 120 hari kalender, dengan luas bangunan 684 meter persegi, yang terdiri dari 96 unit lapak dan 10 unit kios. Untuk pengelolaan pasar Kabupaten Minahasa Selatan dilaksanakan Perusahaan Daerah (PD) Cita Waya Esa (CWE),” jelas Wabup.
 
 
Lebih lanjut, Wabup berharap dengan beroperasinya pasar Berdikari Tumpaan ini, pelayanan tentunya harus lebih baik kedepannya, sehingga dapat memberikan rasa nyaman kepada penjual dan pembeli saat melakukan transaksi.
 
 
“Selain itu, keberadaan pasar ini juga akan membantu para petani dalam memasarkan hasil pertanian serta mendorong stabilitas harga pangan, sekaligus dapat dijadikan sebagai penggerak perekonomian daerah,” harap Wabup Petra Rembang.
 
 
Usai peresmian pasar rakyat Berdikari Tumpaan, Wamedag Jerry Sambuaga, Wabup Petra Rembang bersama rombongan melanjutkan peninjauan SRG Gudang Silo di Kapitu, Kecamatan Amurang Barat.
 
 
Turut Hadir dalam kegiatan, Wakapolres Minsel Kompol Farly Rewur SH, MM; Dandim Minahasa Letkol Inf. Helbert Andi Sinaga, SIP; Kadis Perdagangan Adrian Sumuweng, SP, MSi; Camat Tumpaan Rolly Makauli, dan Dirut PD CWE Claudio Lumowa serta para tokoh agama dan masyarakat.
 
 
(Stev/bk-09)
 
Komentar ()
Berita Nasional
Nasional
29 Oct 2020 / dibaca 427 kali
MAMUJU (BK) : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), sedang mempersiapkan gelaran debat pasangan...
Nasional
16 Oct 2020 / dibaca 375 kali
MANADO (BK) : Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado menjadi salah satu BUMN Donatur pada program sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru...
Nasional
07 Oct 2020 / dibaca 439 kali
MANADO (BK) : Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol RZ Panca Putra menghadiri Rapat Kesiapan dan Koordinasi Penanganan Covid-19 di wilayah...
Nasional
04 Oct 2020 / dibaca 264 kali
Selain mensosialisasikan program BKKBN, Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene juga membagikan sembako untuk warga.  ...
Nasional
04 Oct 2020 / dibaca 311 kali
Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene memberikan bantuan sembako untuk warga.       AMURANG (BK) :...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.